Senin, 15 April 2024

Akhiri Antrian Panjang Jamaah Haji, Kementerian Agama Stop Dana Talangan

JAKARTA — Antrian keberangkatan jamaah haji Indonesia sangat panjang, Bahkan di daerah Sulawesi Selatan ada calon jamaah haji yang menunggu sampai 44 tahun. Dan salah satu penyebab antrian haji demikian panjang adalah praktik dana talangan.

Dimana, calon jamaah yang belum memiliki biaya cukup untuk keberangkatan, bisa mendapatkan nomor porsi mendaftar haji karena ada pihak yang bersedia memberikan dana talangan.

“Kita semua tahu bahwa ribuan orang calon jamaah haji berlomba lomba dan kita tahu sekarang antriannya sudah sedemikian panjang, sehingga menjadi beban kita semua” jelas Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas dalam keterangan persnya, Minggu (4/4/2021).

Oleh karena itu, tambah Gus Yaqut-sapaan akrab Menteri Agama, saat ini Kementerian Agama atau Kemenag tengah menangani permasalahan panjangnya antrian tersebut. Salah satu solusinya, yakni meniadakan dana talangan.

“Kemenag sekarang sedang mencoba mencari jalan keluar dari antrian panjang ini. Salah satunya yang kita ambil adalah bagaimana mengambil kebijakan tidak akan ada lagi dana talangan,” tegasnya.

Baca Juga :  Penyebaran Covid Belum Terkendali, PPKM Diperpanjang Lagi

Gus Yaqut berharap tahun ini pelaksanaan haji bisa terwujud, meski sampai saat ini belum ada keputusan resmi dari Pemerintah Arab Saudi. Karenanya, Kemenag terus melakukan sejumlah persiapan, dengan merumuskan sejumlah skenario, termasuk vaksinasi jamaah haji.

Secara terpisah beberapa waktu lalu, Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Oscar Primadi menyampaikan bahwa vaksinasi Covid-19 untuk jamaah haji diperkirakan selesai pada Mei mendatang. Adapun, total yang akan divaksinasi adalah 172.790 yang merupakan calon jamaah haji tahun 2020.

“Jumlah sasaran vaksinasi untuk jamaah haji indonesia yang sudah melunasi biaya perjalanan ibadah haji tahun 2020 adalah, pertama untuk sasaran kelompok lansia itu 57.630 jamaah, karena pemberian dua dosis itu dilaksanakan Maret-April, kalau jumlah jamaah haji yang non lansia 115.160 orang yang akan diselesaikan April-Mei nanti,” ujar dia.

Latest news

- Advertisement -spot_img

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini