Senin, 15 April 2024

Ikan Cupang dari Luar Negeri Mejeng di Mal, Harganya Hingga 3 Jutaan

BOGOR – Komunitas Forum Cupang Bogor (FCB) menggelar kontes dengan memajang sedikitnya 1000 ekor ikan hias jenis cupang di lantai 3 Mal Boxies, Tajur, Kota Bogor, hingga beberapa hari ke depan. Uniknya, air yang digunakan pada merupakan air mineral murni pada event pertama di tahun 2023 ini.

Inisiator acara, Ardi Siswanto menuturkan, semenjak FOB berdiri pada tahun 2016 kontestasi ini merupakan yang ke tiga kalinya digelar.

Meskipun merupakan komunitas yang cukup besar, pihaknya menggandeng beberapa instansi diantaranya IPB University, dinas terkait serta berbagai kelompok masyarakat yang ingin mengadakan kontes.

“Tujuannya untuk meramaikan kembali dunia ikan cupang. Saat ini harga ikan cupang justru semakin melejit khususnya di Bogor,” terang Ardi kepada wartawan, Sabtu (28/01/2023).

Salah satu ikan cupang yang dipamerkan dengan menggunakan air mineral murni pada saat kontes yang diselenggarakan FCB.

Dari seribuan ikan yang dipamerkan, sekitar 765 ikan dari 80 kelas atau kategori mendapatkan penilaian dengan juri bersertifikasi.

Pesertanya pun tak main-main, beberapa diantaranya berasal dari mancanegara yaitu Vietnam, Malaysia, Brunei. Sedangkan di dalam negeri selain di dominasi oleh peserta dari Bogor juga Pontianak, Makasar, Jakarta, Jogja serta kota lainnya.

Baca Juga :  Menko Perekonomian dan Menkeu Gelar Ujicoba Sistem Pemberian BTPKLW di Medan

Ardi juga mengungkapkan, bahwa dengan adanya gelaran ini merupakan aktualisasi dari para penghobi ikan cupang. Sehingga, cupang dipelihara sepanjang saat tanpa ada musiman dari para penggemarnya.

“Harga ikan cupang saat ini masih tinggi, jenis multi saja bahannya bisa mencapai Rp 500 ribu dan jadinya bisa Rp 3 jutaan. Dulu saat pandemi ramainya pehobi, kalau sekarang ramainya kontes,” ungkapnya.

Untuk penjurian, terdapat kelas dengan penilaian bentuk juga warna yang dimiliki oleh ikan hias cupang tersebut. Turunannya pun sangat banyak karena dari setiap bentuk terdapat kelas tersendiri.

“Kelas ada bentuk dan warna. Setiap bentuk juga ada kelasnya lagi. Kelas 80 mewakili bentuk dan warna. Lalu ada ukuran reguler dan junior, eguler 3.5 ke atas dan junior maksimal 3.25,” jelas Ardi.

Tim juri tengah melakukan penilaian pada event kontes Forum Cupang Bogor (FCB)

Ditempat yang sama Koordinator kegiatan, Awaldi Farhan, juga menjelaskan hampir 80 kelas terisi semua. Junior lebih banyak karena ikan muda dan kecil bisa ikut.

“Penjurian ada kelas, hari ini ada placing berdasarkan bentuk. Dan besok akan jadi pengumuman kelas terbaik,” tandas Farhan. (ES)

Latest news

- Advertisement -spot_img

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini