Selasa, 16 April 2024

Plt Bupati Bogor Melantik Coky Pasaribu jadi Ketua Pengurus Forum Rukun Tetangga dan Rukun Warga

BOGOR – Salah satu wartawan senior Bogor Coky Pasaribu resmi dilantik sebagai Ketua Pengurus Forum Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW), lingkup Kabupaten Bogor tahun 2023 bersama para pengurus.

Pelantikan dilakukan langsung oleh Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan, di Hotel Megamendung Permai Cilember Kabupaten Bogor, Jumat (10/2/23).

Dalam sambutannya, Iwan Setiawan menuturkan, jika RT dan RW adalah garda terdepan bagi masyarakat sebab mutlak dipilih langsung oleh warga.

Pengurus ditingkat paling bawah tersebut, langsung menangani manajemen lingkungan, permasalahan kesehatan, pendidikan, bencana alam, ketahanan pangan, dan sebagainya.

Seperti diketahui, peran RT dan RW sangat penting serta menjadi ujung tombak, semua dapat tersampaikan dengan baik kepada masyarakat oleh mereka. Apapun itu baik program kegiatan pemerintah salah satunya Samisade yang mengedepankan padat karya.

Selain itu, RT dan RW juga mampu menggerakkan warganya padat karya. Kemudian kebijakan pemerintah, hingga membantu dan menyelesaikan berbagai persoalan juga menjaga kondusifitas wilayah Kabupaten Bogor.

“Jadi pasti orang yang ditunjuk menjadi RT dan RW itu orang pilihan rakyat, secara tidak langsung mereka adalah wakil rakyat di wilayah,” ungkap Iwan Setiawan.

Ia percaya bahwa forum RT dan RW ini akan menjadi satu kekuatan bagi Pemkab Bogor, karena dipilih langsung oleh masyarakat, secara otomatis mereka pasti akan membantu rakyat.

Untuk itu, Pemkab Bogor sangat mendukung forum RT dan RW ini, karena RT RW merupakan mitra strategis bagi Pemkab Bogor juga para kades dan memang di bentuk oleh rakyat didukung rakyat.

Baca Juga :  Kapolsek Percut Sei Tuan Kawal Pelaksanaan Vaksinasi di Wilayah Kerjanya

“Saya minta RT dan RW ini bersinergi dengan kami. Gak bisa sendiri-sendiri, insya Allah bantuan insentifnya akan kami tambah,” pungkasnya.

Di tempat yang sama, Ketua Forum RT RW Kabupaten Bogor, Coky Pasaribu menyampaikan bahwa RT dan RW itu merupakan bagian dari stuktural pemerintahan. Berdirinya Forum RT RW ini menjadikan wadah untuk bersatu membangun Kabupaten Bogor dengan segala potensi yang dimiliki.

Coky pun mengungkapkan, forum RT RW tersebut akan bersatu padu untuk membantu Komisi Pemilihan Umum (KPU), pemda, maupun Plt Bupat dengan pancakarsa untuk Kabupaten Bogor yang maju, beradab, dan bertakwa.

“Prinsipnya kami RT RW Kabupaten Bogor siap sukseskan pemilu 2024,” ucapnya.

Ditempat yang sama, Ketua Harian Forum RT RW Kabupaten Bogor, Saeful Rizal mengungkapkan, rasa terimakasih kepada Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan bersama Kapolres Bogor serta jajaran Pemerintah Kabupaten Bogor, yang telah berkenan hadir langsung dan melantik forum RT dan RW hari ini.

“Mudah-mudahan ini langkah awal kita bahwa RT RW di kabupaten Bogor ini bisa lebih bersinergi lagi dengan pemerintah ditingkat Kabupaten, di pemerintah desanya, juga di pemerintah tingkat kecamatan,” ujar Saeful.

Untuk diketahui bahwa di Kabupaten Bogor terdapat kurang lebih 4000 RW dan 12000 RT. (LS)

Latest news

- Advertisement -spot_img

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini