Kamis, 2 Desember 2021

Kejaksaan Mulai Selidiki Kasus Dugaan Penyelewengan Dana Hibah Kadin Jabar

BANDUNG — Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Bandung dikabarkan tengah menyelidiki kasus dugaan penyelewengan dana hibah Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) tahun anggaran 2019 sebesar Rp 1,7 miliar kepada Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jabar.

Informasi itu kian menguat setelah awak media memergoki Ketua Kadin Jabar saat ini, Cucu Sutara, terlihat di kantor Kejari Bandung guna memenuhi panggilan pemeriksaan penyidik pada Kamis (27 Mei 2021).

Kepada wartawan, Cucu mengaku hadir untuk memberikan keterangan dalam kapasitasnya sebagai Wakil Ketua Organisasi Keanggotaan Kadin Jabar di era kepemimpinan Tatan Pria Sudjana, ketua Kadin yang dilengserkan pada Musdalub 2020 lalu.

Namun ia tidak membantah jika pemeriksaannya terkait dengan kasus dugaan penyalahgunaan dana hibah dari Pemprov Jabar kepada Kadin Jabar pada 2019 sebesar Rp 1,7 miliar.

“Sebagai warga negara harus taat hukum, makanya saya hadir untuk memberikan keterangan atau informasi yang saya ketahui. Namun masalah hibah, saya tidak tahu. Dana itu yang saya dengar itu Rp 1,7 miliar pada 2019,” jelasnya.

Cucu menambahkan, ketika tahun 2019 itu, dirinya belum duduk di kursi Ketua Kadin Jabar, melainkan masih menjabat sebagai Wakil Ketua Organisasi Keanggotaan Kadin Jabar.

Cucu pun menegaskan, dengan posisinya itu, ia sama sekali tak tahu menahu soal adanya dana hibah tersebut. “Saya tidak tahu, rekening mana uangnya, diapakan (uangnya) juga tidak tahu. Yang jelas tidak masuk rekening Kadin,” ungkapnya.

Baca Juga :  Tuntaskan Masalah Pertanahan, Kabupaten Bogor Bentuk Gugus Tugas Reforma Agraria

“Dalam pemanggilan ini saya menjelaskan prosedur dan mekanisme penggunaan uang di Kadin yang menurut AD/ART harus profesional akuntabel dan transpran, harus dilaporkan setiap tiga bulan sekali oleh tim pendanaan,” tambah Cucu.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, bahwa di Kadin Jabar tidak ada jabatan sebagai bendahara. Sehingga, soal pengaturan dana ada pada wakil ketua yang masing-masing membidangi kompartemen kerja.

“Tugas wakil ketua itu adalah mengkomunikasikan, mengkoordinasikan seluruh program pengurus Kadin dan mengelola dana sesuai dengan pasal 39 anggaran dasar, pasal 11, 12, 13 anggaran rumah tangga dan PO 133 tahun 2010,” urainya.

Ia pun menyebut, selama ini, dana Kadin Jabar bersumber dari anggota, iuran-iuran, sumbangan dan usaha lainya. Hal itu sudah seperti yang tertulis pada AD/ART dan Pedoman Organisasi (PO).

Disinggung wartawan lagi apakah dana hibah tersebut masuk ke kas Kadin Jabar, Cucu mengaku tidak mengetahuinya. “Jadi soal dana hibah, saya memang tidak tahu,” kata dia menegaskan lagi.

Sementara itu, Kasi Pidana Khusus Kejari Bandung, Taufik Effendi membenarkan adanya beberapa pengurus Kadin Jabar yang diperiksa. “Iya benar ada beberapa orang dari Kadin Jabar diperiksa tim penyidik,” kata Taufik.

Meski begitu, pihaknya belum bisa menjelaskan secara rinci kasus apa yang tengah diselidiki. Pasalnya, kasus tersebut masih dalam penyelidikan. “Untuk perkaranya apa masih dalam penyelidikan, jadi belum bisa dibuka,” tutupnya. (***/Theo)

Latest news

Baca Juga :  Kelebihan Bayar Pengadaan Mobil Damkar Disebut Akibat Gubernur DKI Tidak Transparan

Bupati Bogor Janji Permudah Perizinan Setelah Ditegur Gubernur Jabar

BOGOR -- Bupati Bogor, Ade Yasin, berjanji akan mengawal kemudahan berinvestasi di wilayahnya, demi melakukan pemulihan ekonomi imbas dari pandemi COVID-19. Untuk itu, dia menginstruksikan...

LIPPI Apresiasi Sikap Humanis Dirlantas Polda Metro Saat Amankan Aksi Demo

JAKARTA -- Aksi damai massa organisasi kemasyarakatan di depan Gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) pada Kamis (25/11/21) lalu, tercoreng oleh tindakan anarkis segelintir oknum yang...

Nurut Rais Aam, Pengurus Daerah Desak PBNU Percepat Muktamar

JAKARTA -- Munculnya wacana pengunduran waktu pelaksanaan muktamar Nadhlatul Ulama (NU) ke 34 terkait rencana Pemerintah menerapkan kembali Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3 yang...

Disnakertrans Manggarai Timur Gelar Sosialisasi Undang-Undang Ketenagakerjaan

MANGGARAI TIMUR -- Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Manggarai Timur (Matim), Nusa Tenggara Timur (NTT) menggelar kegiatan sosialisasi tentang Undang-Undang (UU) Ketenagakerjaan di...

Momentum Hari Pahlawan, Kabinda Sumut Vaksin Veteran di Medan Deli

MEDAN -- Bertepatan dengan peringatan hari Pahlawan 10 November, Badan Intelijen Negara ((BIN) kembali melaksanakan vaksinasi massal terhadap pelajar dan masyarakat di kota Medan. Di...
- Advertisement -

Related news

Tidak Hormati MPR, Presiden Didesak Copot Sri Mulyani

JAKARTA -- Sikap tidak menghormati dan cenderung menyepelekan keberadaan Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI), membuat para pimpinan MPR geram dan kemudian mendesak Presiden...

Panitia Reuni 212 Belum Minta Ijin ke Polres Bogor dan Satgas Covid

BOGOR -- Kepolisian Resort (Polres) Bogor menegaskan bahwa pihaknya belum mengeluarkan izin untuk kegiatan reuni 212 yang akan dilaksanakan di Masjid Az-Zikra Sentul, Citeureup,...

DPR Setujui Deputi Gubernur Bank Indonesia yang Baru

JAKARTA -- Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) memutuskan untuk menyetujui Juda Agung dan Aida Budiman menjadi Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI). Hal tersebut diambil...

Percepat Gerak Birokrasi, PNS Boleh Berpindah-pindah Instansi

JAKARTA -- Menpan RB alias Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Tjahjo Kumolo, menyatakan kementerian yang dipimpinnya saat ini terus berupaya merombak sistem kerja...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here