Senin, 15 April 2024

Kepala Bareskrim Polri Mengerucut ke Irjen Wahyu dan Irjen Fadhil

JAKARTA – Kepala Badan Reserse dan Kriminal (Bareskrim) Polri segera berganti orang setelah Komjen Listyo Sigit Prabowo disahkan DPR RI menjadi Kepala Polri. Beberapa hari terakhir muncul spekulasi nama-nama calon pengganti Komjen Listyo sebagai Kepala Bareskrim. Tetapi dari informasi yang beredar di kalangan politisi dan wartawan, posisi strategis itu mengerucut pada nama Irjen Pol Wahyu Dirasa (Kapolda DI Aceh) dan Irjen Fadil Imran (Kapolda Metro Jaya).

Irjen Wahyu disebut-sebut kandidat terkuat lantaran perannya sebagai Ketua Tim Makalah Fit and Propert Test Komjen Listyo sebagai calon Kepala Polri di Komisi III DPR, Rabu (20/1/2021) lalu. Wahyu dan Fadhil adalah jebolan Akpol 91 seangkatan dengan Listyo, dan Wahyu punya nilai lebih dari Fadhil, yaitu sebagai lulusan terbaik Akpol 91 alias peraih Adhi Makayasa.

Sementara Fadhil juga memiliki nilai plus di mata publik dan kalangan internal Polri, yaitu mampu bersikap dan bertindak tegas terhadap M Rizieq Syihab, pemimpin ormas FPI yang sudah dibubarkan oleh Pemerintah. Dan Fadhil juga dikenal sebagai polisi reserse yang menorehkan banyak prestasi dalam menangani berbagai kasus kriminal.

Baca Juga :  Chef Claudio Suguhkan Mie Godog dan Nasi Goreng untuk Jokowi

Terkait dengan posisi Kabareskrim ini, Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono mengungkapkan Mabes Polri akan mengumumkan posisi Kabareskrim Polri setelah pelantikan Kapolri baru pengganti Jendral Idham Aziz. “Nanti setelah pak Sigit dilantik jadi Kapolri, diumumkan Kabareskrim baru,” kata Argo saat dikonfirmasi wartawan, Jumat (22/1/2021).

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono menambahkan sejauh ini Mabes Polri belum memiliki nama siapa calon Kabareskrim Polri yang baru. “Kabareskrim yang baru akan ditentukan oleh Dewan Kepangkatan dan Jabatan Tinggi (Wanjakti) Polri,” ujarnya.

Secara terpisah, Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Neta S Pane memaparkan sejumlah nama yang memiliki potensi besar menjabat sebagai Kabareskrim. “Ada empat kandidat yang kuat, yakni Kapolda Aceh Irjen Wahyu Widada, Kapolda Jawa Timur Irjen Nico Alfinta, Kapolda Jawa Barat Irjen Dofiri, dan Wakabareskrim Irjen Wahyu Adhiningrat,” ucapnya. (Louis/CP)

Latest news

- Advertisement -spot_img

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini