Selasa, 16 April 2024

Pergerakan Sosial Politik

Jarang sekali terjadi PERUBAHAN di sebuah negara, jika dilakukan gerakan partai melalui legislatif maupun eksekutif tanpa didukung real gerakan massa (people power).

Sejarah gerakan perubahan di Indonesia tidak pernah dilakukan oleh partai, kecuali ditekan Gerakan Sipil Sociaty (People Power) yang dimotori kaum terpelajar/ intelektual/ kaum pergerakan sosial politik.

1908 : Berdirinya Budi Utomo sebagai tonggak bangkitnya kesadaran kebangsaan, yang mendorong terbentuk organisasi-2 sosial politik dan partai-2 politik. 20 tahun kemudian dideklarasikan Sumpah Pemuda tahun 1928, yang dimotori kaum terpelajar pribumi.

1925 – 1926 : Organisasi-2 Pekerja yang diorganisir PKI memberontak Penjajah Belanda & menuntut kemerdekaan. 20 tahun kemudian deklarasi Kemerdekaan Bangsa Indonesia tahun 1945, yang dimotori pemuda menteng (kaum pergerakan jakarta).

1945 : Maklumat Pemerintah tentang pembentukan partai-2 politik dengan ideologi masing-2 membuat dinamika politik dan ekonomi tidak pernah stabil. 20 tahun kemudian mulai tahun 1965-1966 secara perlahan militer mengambil-alih kekuasaan, membubarkan PKI dan memaksa penyerderhanaan Parpol berdasarkan azas tunggal yang dimotori Gerakan Mahasiswa.

Baca Juga :  Ambang Batas Calon Presiden 10 Persen Dinilai Ideal 

1968 : Presiden Soeharto defenitif menjadi penguasa yang memasung demokrasi, dan mengijinkan investasi asing mengeksploitasi kekayaan alam. 30 tahun kemudian Soeharto dilengserkan pada tahun 1998, yang dimotori Gerakan Mahasiswa 1998.

2002 : Amandemen UUD’45 yang meliberalkan Indonesia diberbagai lini, dan membuka seluas-luasnya investasi asing utk mencengkram bumi nusantara. Seharusnya di tahun 2022 – 2032 terjadi gerakan perubahan yang dimotori kaum pergerakan intelektual. Tetapi krn mayoritas rakyat belum sadar dan belum merasakan kesulitan dan kemelaratan yang mengakar, maka gerakan perubahan tetap sulit dilakukan. Yang pasti takkan bisa partai-partai memotori perubahan di Indonesia.

Pertanyaannya.. perubahan semacam apakah yang diinginkan? Kaum intelektual / pergerakan mana yang memotori Gerakan Perubahan? Apa tema besar (visi-misi) yang dituntut people power nanti? Apakah semakin baik atau buruk Indonesia jika terjadi perubahan? Dan seterusnya..

Maaf menyinggung tema Perubahan yang diusung Partai-partai yang ikut Pemilu nanti.

Vayireh Sitohang
-Bogor-

Latest news

- Advertisement -spot_img

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini