Selasa, 16 April 2024

Jelang Pemilu 2024, Binmas Polda Bengkulu Bersama Camat Arga Makmur Gelar Penyuluhan Harkatibmas

BENGKULU – Untuk menangkal dan mencegah bahaya radikalisme dan intoleransi, Polda Bengkulu menggelar penyuluhan Hari Keamanan dan Kertetiban Masyarakat (Harkatibmas) di Aula Desa Rama Agung, Arga Makmur, Kabupaten Bengkulu Utara, Selasa (14/03/2023).

Kegiatan dihadiri oleh Danramil, Binmas Polda, Perum BPJS, segenap kepala desa, Babinsa se kecamatan Kota Arga Makmur juga tokoh-tokoh agama ustad maupun khotib, serta pemangku tokoh adat.

Dalam sambutannya Camat Kota Argamakmur Syafaruddin, menyampaikan, perlu digelar kegiatan penyuluhan dalam rangka memasuki kegiatan akbar pesta demokrasi di tahun 2024.

“Dimana hal itu sangat sensitif sekali bahkan timbul perbedan pendapat di intern keluarga untuk itu marilah kita sama-sama dalam melakukan pencegahan terlebih isu radikalisme dan intolerans akan berperan dan berbaur melalui politik indentitas dengan menunggangi agama, ujar Syafrudin.

Lebih lanjut Direktorat Binmas Polda Bengkulu Subdit Tibsos AKP Suratno, mengatakan tentang dan tugas fungsinya sebagai aparat adalah pelayanan atau pembantu terhadap masyarakat.

Utuk itu sesama aparat baik dari TNI dan Polri, juga aparatur desa harus memiliki sinergitas dalam melakukan pencegahan permasalahan hukum di lingkungan desa termasuk mencegah dini maraknya bahaya radikal dan intolerans.

Baca Juga :  Ribuan Berkas Perizinan Tata Ruang Mandek Akibat Ketiadaan RDTR Kabupaten Bogor 

Ia menjabarkan, aparat harus meningkatkan kepekaan terhadap masalah dalam rangka mendeteksi dini dengan data akurat untuk melakukan upaya pencegahan.

Selain itu, meningkatkan kemampuan olah TKP jika terjadi permasalahan dan kejadian kepada masyarakat untuk tidak menyentuh TKP agar memudahkan aparat melakukan indentifikasi dan penyelidikan.

“Kepada bhabinkantibmas untuk mengajarkan bagaimana masyarakat untuk mengenal wilayah TKP, memahami untuk melakukan pertolongan pertama jika terjadi permasalahan maraknya radikal dan intolerans merupakan masalah yang prioritas aparat kepolisian untuk dibasmi,” bebernya.

“Tidak hanya masalah radikal dan intolerans, masalah kriminal seperti maraknya pencurian motor perlu dilakukan pencegahan agar terciptanya lingkungan aman, merangkul komunitas-komunitas untuk menjangkau informasi dalam rangka pencegahan akan semua tidakan yang mengganggu kenyamanan dan keamanan masyarakat,” tegas AKP Suratno kepada awak media.

W.H. Setiawan

Latest news

- Advertisement -spot_img

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini