Selasa, 16 April 2024

Polri Ambil Peran Penting Dalam Upaya Meningkatkan Kerukunan hidup Berbangsa

JAKARTA — Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) mengungkapkan ada berbagai tantangan dalam menjaga keamanan dan ketertiban negara secara nasional, khususnya dalam upaya meningkatkan kerukunan hidup berbangsa.

Di sini, peran Polri sangat krusial, khususnya dalam rangka menjaga suasana kehidupan berbangsa dan bernegara, serta melakukan penegakan hukum yang presisi untuk mewujudkan Indonesia maju.

“Tantangan saat ini adalah tantangan polarisasi yang masih ada barier (hambatan) saat Pilkada dan Pilpres lalu, dimana banyak yang belum move on untuk bersatu membangun bangsa ini,” kata Kapolri Listyo Sigit.

Kapolri menyampaikan hal tersebut saat memberikan kuliah umum kebangsaan yang digelar oleh Ikatan Alumni Universitas Indonesia (Iluni) Pascasarjana sekolah kajian stratejik dan Global di Kampus UI, Salemba, Jakarta Pusat, Rabu (10/3).

Baca Juga :  Mantan Kepala Bareskrim dan Eks Menpora Batal Jalani Proses Hukum

Salah satu langkah Polri, tambah mantan Kepala Badan Reserse Kriminal itu, adalah dengan mengambil peran dalam menangani persoalan tersebut dengan mengarusutamakan moderasi beragama.

“Moderasi beragama di Indonesia saat ini penting dilakukan didasarkan fakta bahwa Indonesia adalah bangsa yang sangat majemuk dengan berbagai macam suku, bahasa, budaya dan agama,” urainya.

Kapolri juga memaparkan bagaimana merubah mindset Polsek di seluruh Indonesia sebagai basis problem solving. “Dan juga kita memberikan ruang dalam UU ITE untuk diberikan mediasi,” jelasnya.

Jendral Listyo Sigit pun tak lupa mengajak Alumni UI untuk melihat peluang bonus demografi di Indonesia agar dapat memicu pertumbuhan ekonomi. “Tentunya, pembangunan dan kesejahteraan masyarakat bisa meningkat salah satunya dengan merawat khebinekaan,” imbuhnya. (***/Nurali)

Latest news

- Advertisement -spot_img

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini