Rabu, 17 Agustus 2022

Provinsi Jateng Juara di Lomba Pariwisata, Gubernur Diganjar Penghargaan Khusus

Semarang – Sejumlah destinasi wisata di wilayah provinsi Jawa Tengah (Jateng) menjadi juara dalam ajang Trisakti Tourism Award 2021 di Jakarta, baru-baru ini. Selain itu, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo juga mendapat penghargaan khusus sebagai kepala daerah yang bekerja keras luar biasa di bidang pariwisata.

Sebagai informasi, Trisakti Tourism Award 2021 merupakan ajang bergengsi perlombaan pariwisata yang digelar DPP PDIP dan sebanyak 242 daerah Provinsi dan Kabupaten /Kota mengikuti ajang ini.

Untuk kategori kepala daerah yang memiliki effort luar biasa di bidang pariwisata. Penghargaan diberikan kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan destinasi wisata andalan Karimunjawa dan Taman Nasional Merapi-Merbabu.

Ganjar yang hadir secara langsung maju untuk menerima penghargaan. Memakai pakaian adat Jawa, Ganjar menerima penghargaan yang diberikan Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto.

Selain Ganjar, sejumlah kepala daerah lain juga mendapat penghargaan. Di antaranya Wakil Bupati Sigi Samuel Yansen, Bupati Kepulauan Mentawai Yudas Sabagalet, Wagub Sulawesi Tenggara Lukman Abunawas, Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, dan Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey.

Selain itu, sejumlah penghargaan juga disabet sejumlah desa wisata Jawa Tengah. Dari semua kategori yang dilombakan, desa wisata di Jawa Tengah masuk sebagai pemenang.

Adapun kategori desa wisata kreatif, juara pertama diraih Desa Wisata Wanurejo, Kabupaten Magelang. Untuk kategori desa wisata pilihan netizen, juara pertama diraih Desa Wisata Sumber Jatipohon, Grobogan.

Selain itu, dua desa wisata Jawa Tengah mendapat juara kategori desa wisata budaya. Kampung Wisata Budaya Baluwarti, Solo, menyabet juara 3, dan Desa Wisata Kaligentong, Boyolali, sebagai juara harapan ketiga.

Baca Juga :  Diambil Alih Pemerintah, Manajemen TMII Merasa Tak Pernah Rugikan Negara

Sementara untuk kategori desa wisata alam, Desa Wisata Kandri, Kota Semarang, menyabet juara harapan tiga. Dan untuk kategori desa wisata kuliner, Desa Wisata Kampung Jawi, Semarang, menyabet juara pertama.

Selain itu, ada pula Desa Wisata Gerduren Banyumas sebagai juara harapan ketiga dalam kategori yang sama.

Ganjar mengatakan, penghargaan ini dipersembahkan untuk insan pariwisata di Jawa Tengah. Ia berharap, penghargaan ini dapat memicu semangat para pelaku pariwisata, khususnya di desa-desa untuk terus berkreasi dan berinovasi.

Ganjar mengatakan, pengembangan desa wisata di Jawa Tengah memang sedang digenjot. Banyak desa wisata yang telah tumbuh dan menjadi percontohan nasional.

“Kami bahkan sudah buatkan Perda Khusus Desa Wisata. Selain itu, setiap ada desa wisata unggulan, kami memberikan uang pembinaan masing-masing Rp 1 miliar,” ucapnya.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri mengatakan, ajang Trisakti Tourism Award 2021 sengaja mengambil tema desa wisata. Tujuannya untuk melihat bagaimana perkembangan di desa.

“Kenapa saya minta acara ini, tujuannya justru untuk melihat bagaimana kegiatan di desa. Di perdesaan. Karena saya melihat, perkembangan kampung, desa, dusun itu seringkali terlewati oleh kita,” jelasnya.

Desa, lanjut Megawati, kini jadi perhatian pemerintah pusat. Dana desa sudah digelontorkan cukup besar, sehingga harus dilihat efektivitas dari dana desa itu.

Baca Juga :  Kemenparekraf Gulirkan Ragam Program untuk Kebangkitan Pariwisata

Megawati meminta semua kepala daerah mengoptimalkan seluruh potensi yang ada, termasuk pariwisata. Namun ia berpesan, pengelolaan pariwisata tidak boleh sembarangan. (***/CP)

Latest news

Wisatawan Bebas ke Bali, Panglima TNI dan Kapolri Atensi Khusus Tempat Karantina

BADUNG – Seiring dengan turunnya level Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Wilayah Provinsi Bali dan untuk mendorong pemulihan ekonomi daerah, maka sejak...

Kue Mochi Produk UMKM Desa Cidereum Kabupaten Bogor Siap bersaing di Pasar

CARINGIN - Desa Cidereum Kecamatan Caringin-Kabupaten Bogor, selain memiliki potensi hasil bumi seperti pertanian dan hortikultura, juga memiliki produk pangan hasil Usaha Kecil Mikro...

Kemenparekraf Gulirkan Ragam Program untuk Kebangkitan Pariwisata

JAKARTA -- Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf dan Baparekraf) tengah berupaya untuk bisa membangkitkan kembali sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.dengan...

Kepala Baharkam Pastikan Keamanan World Super Bike di Kawasan Wisata Mandalika

LOMBOK TENGAH -- Untuk memastikan lancar dan suksesnya pengamanan event internasional,  Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri Komjen Pol Arief Sulistyanto meninjau lokasi Sirkuit MotoGP...

Pembangunan Hotel Sayaga Wisata Tuntas dan Difungsikan pada 2022

CIBINONG -- Sempat mangkrak hampir dua tahun, pembangunan Hotel Sayaga milik Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Pemkab Bogor di jalan Tegar Beriman Cibinong, Jawa...
- Advertisement -

Related news

Ulama di Jawa Barat Dukung Ganjar Jadi Presiden 2024-2029

CIANJUR -- Mantan anggota DPR RI dua periode yang kini menjabat Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, memang sosok fenomenal dan kharismatik. Tak heran, ketika...

Setelah Irjen Sambo, Satu Brigadir Jendral dan Kombes Dinonaktifkan dari Jabatannya

JAKARTA - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo akhirnya mendengar aspirasi publik dengan menonaktifkan sementara dua anggotanya buntut dari kematian Nopryansah Yosua Hutabarat alias Brigadir...

Sekretaris Kompolnas Dituding Jadi Pembela Irjen Sambo

JAKARTA -- Komentar dan pernyataan Sekretaris Lembaga Kompolnas Benny Mamoto dalam wawancara di beberapa televisi nasional menuai kritik dari masyarakat luas lantaran dianggap lebih...

Merasa Dikriminalisasi, Bendum PBNU Janji Libas Mafia Hukum

JAKARTA - Setelah satu hari namanya terkonfirmasi petugas Imigrasi sebagai orang yang dicekal berdasarkan permintaan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Bendahara Umum (Bendum) Pengurus Besar...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here