Selasa, 3 Oktober 2023

Sempat Alami Kebuntuan, Akhirnya Ketua PWNU Jakarta Dijabat Kiai Samsul

JAKARTA — Pengurus Besar Nadhlatul Ulama (PBNU) mengambil alih tanggung jawab penentuan Ketua Perwakilan NU DKI Jakarta setelah Konferwil NU DKI ke XX pada akhir pekan lalu gagal menetapkan ketua terpilih. PBNU pun tak mau berlama-lama memutuskan,  KH Samsul Ma’arif dinyatakan sebagai Ketua PWNU DKI.

“Telah diputuskan KH Muhyidin Ishaq sebagai Rais Syuriyah dan KH Samsul Ma’arif sebagai Ketua PWNU DKI Jakarta Terpilih,” ungkap Sekretaris Jenderal PBNU H Ahmad Helmy Faishal Zaini seperti dikutip dari laman resmi NU Online, Jumat (8/4/2021).

Sebelumnya, pada Konferwil Ke-XX PWNU DKI Jakarta berlangsung pemilihan yang tidak membuahkan hasil. Sebab masing-masing Calon Ketua, yaitu H Marullah dan Kiai Samsul sama-sama mendapatkan tiga suara dari total enam suara yang diambil dari PCNU se-DKI, selama dua kali putaran pemilihan.

“Namun demikian, H Marullah Matali tetap masuk kepengurusan dengan jabatan Wakil Ketua PWNU DKI Jakarta. Semua pihak diakomodasi. Tidak ada pihak yang di luar, tetapi semua dimasukkan,” imbuh Sekjen Helmy.

Keputusan dipilihnya Kiai Samsul merupakan amanat dari aturan yang termaktub di dalam Tata Tertib Pemilihan Rais Syuriyah dan Ketua PWNU DKI Jakarta, pada konferwil lalu. Dinyatakan, jika pemilihan kedapatan hasil seri selama dua kali putaran maka putusan akan diserahkan ke PBNU.

Wasekjen PBNU H Ulil Abshar Hadrawi yang turut memimpin sidang pemilihan pada Konferwil PWNU DKI Jakarta saat dikonfirmasi mengatakan bahwa pemilihan ini masih bersifat informal. Formalitasnya menyusul dalam bentuk SK. “Formalnya belum,” kata H Ulil.

Baca Juga :  Ribuan Berkas Perizinan Tata Ruang Mandek Akibat Ketiadaan RDTR Kabupaten Bogor 

KH Samsul Ma’arif lahir di Pekalongan, 6 Mei 1969. Ia menamatkan pengembaraan keilmuannya di Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur, pada 1991. Dilanjutkan menempuh studi strata satu di Fakultas Syariah Universitas Attahiriyah (Uniat) Jakarta (1996). Ia juga telah tuntas menempuh program studi magister (2001) serta doktoral (2008) di Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta.

Sebelum terpilih sebagai Ketua Tanfidziyah PWNU DKI Jakarta 2021-2026, Kiai Samsul merupakan Pejabat (Pj) Ketua PWNU DKI Jakarta 2020-2021 yang bertugas melanjutkan estafet kepemimpinan dari sosok H Saifullah yang wafat pada tahun 2020.

Pada masa kepemimpinan H Saifullah, Kiai Samsul menjabat sebagai Wakil Ketua PWNU DKI Jakarta sejak 2016 hingga 2020. Kiai Samsul memulai perjalanan organisasi sejak 1998-2003 sebagai Wakil Sekretaris PCNU Jakarta Pusat.

Lalu, ia diberikan amanah menjadi A’wan di PWNU DKI Jakarta (2002-2007) dan dilanjut menjadi Anggota Pimpinan MUI DKI Jakarta pada 2008-2010. Setelah itu, ia menduduki jabatan Sekretaris Umum MUI DKI Jakarta periode 2010-2013.

Bersamaan dengan itu, Kiai Samsul diamanahi pula untuk menduduki jabatan Wakil Ketua Lembaga Dakwah (LD) PBNU 2015-2020, Anggota Dewan Penasihat MUI DKI Jakarta 2013-2018, dan Wakil Ketua Komisi Dakwah MUI Pusat 2015-2020. (****)

Latest news

- Advertisement -spot_img

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini