Rabu, 26 Januari 2022

Thailand Singkirkan Vietnam, Indonesia Benamkan Singapura

SINGAPURA — Sukses menahan imbang tanpa gol juara bertahan, Vietnam, Timnas Thailand akhirnya  lolos ke final Piala AFF 2020. Hasil seri itu terjadi dalam semifinal leg kedua Thailand vs Vietnam di Stadion Nasional Singapura, Minggu (26/12/2021)

Hasil imbang ini membuat Thailand unggul agregat 2-0, setelah kemenangan di leg pertama. Thailand akan menghadapi timnas Indonesia di final Piala AFF pada 29 Desember dan 1 Januari mendatang.

Sebelumnya di tempat yang sama, Indonesia lawan Singapura menjalani pertandingan leg kedua babak semifinal, Sabtu (25/12/2021). Duel kedua tim berlangsung seru dan bahkan dramatis. Tapi Indonesia akhirnya mampu keluar sebagai pemenang berkat dua gol di perpanjangan waktu.

Dalam laga penentuan merebut tiket ke final, Indonesia membuka keunggulan di menit ke-11. Berawal dari keberhasilan pemain Indonesia mendapat bola dari lapangan tengah, Witan Sulaeman melakukan aksi solo run dan masuk kotak penalti.

Ketika kiper Singapura, Hassan Sunny mencoba maju menutup ruang tembaknya, Witan dengan cerdik mengirim umpan ke mulut gawang. Ezra Walian yang diapit dua pemain dengan cepat menyambar bola.

Skor 1-0. Singapura harus bermain dengan 10 orang di menit ke-45+2 saat Safuwan Baharudin mendapat kartu merah akibat menyikut Rizky Rido saat situasi bola mati.

Namun, kesempatan itu juga berhasil dimanfaatkan Singapura untuk menyamakan kedudukan melalui, Song Oi Young di menit ke-45+4. Ia mencetak gol usai memanfaatkan kemelut di kotak penalti. Skor 1-1 menutup paruh pertama.

Di babak kedua, Indonesia langsung menggempur Singapura. Pada menit ke-66, kartu merah kembali didapat pemain Singapura, Irfan Fandi. Ia diusuir wasit setelah menjatuhkan Irfan Jaya. Menghadapi 9 pemain, Indonesia terus menggempur Singapura.

Baca Juga :  Kerahkan Pesilat Binaan, IPSI Kabupaten Bogor Optimis Berprestasi di Porprov Jabar

Asyik menyerang, Indonesia kebobolan di menit ke-74. Dalam situasi bola mati, Shahdan Sulaiman yang menjadi algojo setelah pelanggaran Dewangga mengarahkan bola ke sudut kanan yang tidak bisa dijangkau Nadeo.

Dalam situasi tertekan, Indonesia mencetak gol di menit ke-87. Bermula dari bola muntah, Arhan Pratama dengan tenang mencetak gol dari sudut sempit untuk menyamakan skor menjadi 2-2.

Singapura kembali mendapat penalti di menit ke-88 saat Arhan dianggap melanggar Faris Ramli. Beruntung bagi Indonesia, Nadeo bisa menggagalkan tendangan Faris Ramli dengan menepisnya. Sampai akhir babak kedua, tidak ada gol yang tercipta sehingga laga berlanjut ke perpanjangan waktu.

Usai pertandingan, pelatih Shin Tae Yong mengungkapkan timnas Indonesia masih lemah dalam mengantisipasi situasi set-piece. Terbukti dua gol yang diciptakan Singapura tercipta melalui skema bola mati.

“Jujur kedua tim sangat bekerja keras, saya sudah bicara kepada pemain sebelum pertandingan bahwa tim Singapura kuat untuk set piece,” ucap pelatih asal Korea Selatan itu.

“Kami bisa mendapatkan hasil yang baik jika hanya hati-hati, karena tidak fokus untuk set piece. Jadi sampai bagian itu harus diperbaiki khususnya para pemain masih muda untuk kontrol pertandingan sedikit berkurang,” sambung Shin seraya berharap pada pertandingan selanjutnya kekurangan itu tidak terulang.

Sebagai informasi, Timnas Indonesia tercatat lima kali melaju ke final Piala AFF. Namun demikian, Timnas belum pernah menjadi juara.

Final Piala AFF 2020-2021 akan digelar dua leg di Stadion Nasional Singapura. Leg pertama akan digelar Rabu 29 Desember 2021. Sementara leg kedua berlangsung Sabtu 1 Januari 2021. (***/COK)

Latest news

Baca Juga :  Kerahkan Pesilat Binaan, IPSI Kabupaten Bogor Optimis Berprestasi di Porprov Jabar

Hari Taekwondo Indonesia untuk Menghormati Sosok Harno Omar

JAKARTA -- Hari Taekwon-Do Indonesia pada 17 Desember ditetapkan untuk memberikan penghormatan bagi sosok yang telah berjasa kepada rakyat dan bangsa Indonesia dalam memperkenalkan dan...

Imbang Lawan Vietnam, Indonesia Cuma Butuh Seri Lawan Malaysia

SINGAPURA -- Usai duel maut dengan tim Vietnam yang berakhir imbang tanpa gol di Stadion Bhisan, Singapura, Rabu petang (15/12/2021), timnas Indonesia akan menjalani laga...

Meski Mental Pemain Menurun, Optimisme Tekuk Vietnam Mencuat

SINGAPURA -- Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mengakui bahwa mental pasukannya saat ini sedang tak terlalu baik jelang lawan skuad Vietnam di laga lanjutan Piala...

Laga Kedua Piala AFF, Indonesia Ceploskan 5 Gol ke Gawang Laos

SINGAPURA -- Tim Nasional Indonesia sukses mencetak kemenangan dengan skor telak 5-1 atas kesebelasan Laos dalam lanjutan Piala Sepakbola Piala AFF 2020. Dalam pertandingan yang...

Mantan Kepala BIN Minta Kapolri Tingkatkan Prestasi Sepeda Indonesia

JAKARTA -- Di tengah kesibukannya menjalankan tugas Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri), Jendral Pol Listyo Sigit Prabowo masih memberikan perhatian dan menyisihkan waktunya untuk mengurus...
- Advertisement -

Related news

Mayjend Maruli Tegaskan Tak Pernah Minta Jadi Panglima Kostrad ke Presiden

DENPASAR -- Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) IX / Udayana Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Maruli Simanjuntak akhirnya merespons sangkaan serta cibiran sejumlah pihak terkait dengan...

Jadikan OTT KPK Sebagai Pelajaran, Mendagri Minta Seluruh Kepala Daerah Waspada

JAKARTA -- Tak sedikit kepala daerah diciduk Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melalui Operasi Tangkap Tangan (OTT) dalam beberapa tahun terakhir ini. Tak pelak, hal ini...

Penunjukan Maruli Simanjuntak Sebagai Pangkostrad Bukan Karena Menantu Luhut Panjaitan

JAKARTA -- Penunjukan menantu Luhut B Panjaitan (Menko Maninves RI)--Mayor Jendral (Mayjen) TNI Maruli Simanjuntak--menjadi Panglima Komando Cadangan Strategis TNI Angkatan Darat atau Kostrad, dinilai...

Enam Jendral Yunior Mendapat Promosi Jabatan Strategis

JAKARTA -- Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa telah menandatangani Surat Keputusan Jabatan 328 Perwira Tinggi TNI melalui Keputusan nomor 66/I/2022 tanggal 21 Januari 2022...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here