Senin, 15 April 2024

Tol Semarang-Demak Seksi II Ruas Sayung-Demak Berfungsi Sebagai Tanggul Laut Mencegah Banjir Rob

JAWA TENGAH – Jalan Tol Semarang-Demak Seksi II ruas Sayung-Demak diresmkan Preiden RI Joko Widodo (Jokowi), Sabtu (25/02/2023), di Gerbang Tol Sayung, Kabupaten Demak, Jawa Tengah.

Keberadaan infrastruktur sepanjang 16,01 kilometer yang dibangun dengan biaya Rp5,9 triliun ini tidak hanya untuk mempercepat transportasi logistik tetapi juga sekaligus sebagai tanggul laut yang dapat mencegah banjir rob.

“Saya juga sangat menghargai Jalan Tol Sayung-Demak yang telah dibangun ini, karena yang kedua ini juga sekaligus sebagai tanggul laut.” kata Jokowi saat peresmian.

Ia mempresiksi, di masa mendatang banjir rob akan semakin jauh dan levelnya akan semakin tinggi masuk ke daratan.

“Rob yang ke depan menurut saya akan semakin jauh dan levelnya akan semakin tinggi masuk ke daratan karena perubahan iklim, itu sedikit bisa kita cegah dengan fungsi jalan tol sekaligus tanggul laut dari jalan yang telah dibangun ini,” ujarnya.

Baca Juga :  Wujudkan Pelayanan Publik Berkualitas, Aparatur Negara Harus Senang Melayani

Sebagai infrastruktur logistik, Jokowi mengharapkan jalan tol ini dapat disambungkan dengan sentra-sentra produksi dan industri yang ada di sekitarnya.

“Saya hanya ingin mengingatkan kembali bahwa seluruh jalan tol yang telah selesai di tanah air, agar gubernur, bupati, wali kota segera menyambungkan, mengintegrasikan dengan kawasan-kawasan produksi yang ada di wilayahnya masing-masing,” ujarnya.

Tersambungnya antarkawasan mulai dari kawasan industri, pertanian, perkebunan, hingga pariwisata akan mendorong efisiensi sekaligus meningkatkan daya saing Indonesia.

“Sehingga manfaat jalan tol betul-betul akan memberikan kecepatan, baik dalam transportasi logistik maupun dalam membawa produk-produk produksi dari pertanian, perkebunan, dan dari kawasan-kawasan industri yang kita miliki. Sehingga dengan kecepatan itulah efisiensi, daya saing, competitiveness kita kita miliki,” tandasnya.

Usai memberikan sambutan, Jokowi menekan tombol sirine dan menandatangani prasasti sebagai tanda peresmian jalan tol.

(Red)

Latest news

- Advertisement -spot_img

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini