Minggu, 17 Oktober 2021

Vacuum Cleaner Produksi SCNP Grup Tembus Pasar Amerika Serikat

BOGOR – Di tengah pandemi Covid-19 banyak perusahaan yang tak sanggup bertahan hingga akhirnya menutup operasionalnya. Namun berbeda dengan PT Selaras Citra Busantara Perkasa Tbk (SCNP) yang justru mampu melakukan ekspor produk  Vacuum Cleaner Bissel berlabel Turbo ke Amerika Serikat (AS).

Sukses menembus pasar AS ini ditandai dengan pemberangkatan enam kontainer yang memuat 5.962 unit Vacuum Cleaner Bissel (VCB) dari pabrik SCNP di kawasan Cileungsi, Kabupaten Bogor ke Pelabuhan Tanjung Priok-Jakarta Utara, Kamis (11/02/2021).

Pada tahun ini, sebanyak 2,2 juta unit vacuum cleaner akan diproduksi massal oleh anak perusahaan SCNP yaitu PT Selaras Donlim Indonesia (SDI) dan diekspor ke AS dengan nilai lebih dari Rp 800 miliar.

Dan untuk memenuhi kebutuhan pasar AS yang mencapai 4,8 juta unit dengan nilai lebih dari 1,6T. SCNP terus menggenjot produksi vacuum cleaner dengan menyerap tenaga kerja lokal lebih dari 500 orang.

“Perangkat vacuum cleaner tersebut dirancang menggunakan teknologi yang canggih, dari hasil pengembangan bersama antara Donlim, Bissel dan SCNP,” kata Shirly Effendy selaku Direktur Operasional Perseroan kepada kabarindo24jam, Kamis (11/2/2021).

Berdasarkan data pasar 2021, lanjut Shirly, proyeksi penjualan segmen produk vacuum cleaner di Amerika hingga 2025 potensi pasar akan terus bertumbuh 1,7 persen setiap tahunnya. “SCNP terus melakukan terobosan berkelanjutan baik dari sisi pengembangan produk maupun perluasan pasar baik dalam skala lokal maupun global,” ungkapnya.

Shirly menambahkan, aktivitas ekspor tersebut berkontribusi secara signifikan bagi perekonomian Indonesia. Ada empat hal yang menjadi perhatian khusus. Diantaranya, meningkatnya penetrasi pasar konsumen elektronik di USA.

Baca Juga :  Pemkab Bogor Alokasikan 400 Miliar untuk Penataan Cibinong Menjadi Kota Tujuan Wisata

Selain itu, masuknya tambahan devisa bagi perekonomian Indonesia dan bertambahnya lapangan kerja bagi pasar tenaga kerja domestik, serta terjadinya proses transfer teknologi dari negara China ke Indonesia.

“Perekonomian global maupun domestik secara bertahap akan kembali pulih dengan gencarnya dukungan pemerintah terhadap para pelaku industri, terutama dari sektor manufaktur. Sehingga perusahaan sangat optimis bahwa volume produksi massal untuk vacuum cleaner ini dalam jangka pendek akan mencapai figur 2 hingga 3 juta unit per tahun,” jelasnya.

Jebolnya ekspor VCB yang dinilai akan memperkuat kurs rupiah terhadap dolar Amerika tersebut disanjung oleh Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Bea Cukai Jawa Barat, Saifullah Nasution. 

Dirinya menyebut, pada masa pandemi Covid-19 saat ini, pemerintah sedang memberikan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

“Pertama, menjamin ketersediaan konsumsi masyarakat tetap berjalan. Itu lebih fokus kepada Pemda yang mengatasi. Kedua, investasi dan ketiganya ekspor yang merupakan peran kami,” tuturnya.

Dia menerangkan, dalam hal itu para pelaku ekspor harus mendapatkan dukungan penuh. Karena dengan meningkatkan transaksi ekspor ditaksir dapat membantu investasi masuk ke dalam negeri. 

Artinya, tambah dia, terhadap prosesnya kami memberikan kemudahan yang sebesar-besarya agar PEN ini bisa kembali menormalkan ekonomi Indonesia sebelum pandemi Covid-19 berakhir.

“Bagaimana caranya Bea Cukai memfasilitasi hal itu? Salah satunya dengan memberikan penangguhan biaya masuk, ppn, pph dan lainnya itu dari segi fiskalnya. Yang non fiskalnya, buat terobosan-terobosan pada kawasan ekonomi khusus,” tandas Saifullah. (Meisa)

- Advertisement -

Latest news

Baca Juga :  Verifikasi Data Desa Bermasalah, Dana Samisade Tahap Kedua Tak Bisa Direalisasi

GANN Bengkulu Utara gelar Sosialisasi Narkoba di Lembaga Pemasyarakatan

BENGKULU UTARA -- Dewan Pengurus Cabang (DPC) Generasi Anti Narkotika Nasional (GANN) Kabupaten Bengkulu Utara menggelar sosialisasi pencegahan dan penanggulangan Bahaya Narkoba di Lapas...

Akhirnya, Pemerintah Desa Cicadas Memulai Pekerjaan Program Samisade

GUNUNG PUTRI -- Pemerintah Desa (Pemdes) Cicadas-Kecamatan Gunung Putri Kabupaten Bogor, melakukan launching program Satu Miliar Satu Desa (Samisade) bertempat di aula Kantor Desa,...

BNN Gelar Pelatihan Wira Usaha di Kawasan Rawan Narkoba Provinsi Yogyakarta

YOGYAKARTA -- Deputi Bidang Pemberdayaan Masyarakat pada Badan Narkotika Nasional (BNN) RI, baru-baru ini melaksanakan Program Pemberdayaan Alternatif pengembangan Wirausaha (Life Skill) yang menyasar...

Realisasikan Program Bupati Bogor, Pemdes Hambalang Bangun Stadion Mini

CITEREUP -- Pemerintah Desa (Pemdes) Hambalang-Kecamatan Citereup, Kabupaten Bogor, telah menyelesaikan pembangunan stadion mini yang terletak di dekat kantor desa. Stadion mini tersebut merupakan...

NU Bengkulu Utara Memperingati Maulid Nabi Pertama kali Setelah Pandemi Covid

BENGKULU UTARA -- PCNU (Pengurus Cabang Nadhatul Ulama) Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu, bersama Pengurus Kecamatan Giri Mulya Kabupaten Bengkulu Utara mengadakan acara peringatan Maulid...
- Advertisement -

Related news

Tuntaskan Masalah Pertanahan, Kabupaten Bogor Bentuk Gugus Tugas Reforma Agraria

BOGOR -- Guna menyelesaikan permasalahan pertanahan di Bumi Tegar Beriman yang kerap terjadi dan menimbulkan konflik di tengah masyarakat, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor...

BNNP Bengkulu Gagalkan Penyelundupan 6 Karung Ganja

BENGKULU -- Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Bengkulu sukses gagalkan upaya  penyelundupan ganja sebanyak 6 karung yang terdiri dari 5 karung berisi 25...

KPK Kembali Operasi Tangkap Tangan, Kali Ini Bupati di Wilayah Sumatera Selatan

JAKARTA – Satuan Tugas Penindakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan operasi tangkap tangan (OTT) di Kabupaten Musi Banyuasin-Sumatera Selatan, pada Jumat (15/10/2021) malam....

Arus Bawah Ingin Usep Supratman Jabat Sekretaris DPC PPP Kabupaten Bogor

BOGOR -- Meski pelaksanaan Musyawarah Cabang (Muscab) ke IX Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kabupaten Bogor berjalan kondusif dan sukses menelurkan sejumlah keputusan penting,...
- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here