Kamis, 17 Juni 2021

Danau Singkarak yang Indah dan Eksotis Menawan Hati

Danau Singkarak, Sebuah danau vulkanik yang terletak di jantung provinsi Sumatera Barat. Dengan pemandangan yang sangat eksotis, Danau Singkarak layak dijadikan sebagai salah satu kunjungan wajib jika kita berwisata ke Ranah Minang.
Danau Singkarak ter­letak pada geografis koor­dinat 0,36 derajat Lintang Selatan (LS) dan 100,3 Bu­jur Timur (BT) dengan ke­tinggian 363,5 meter diatas permukaan laut (mdpl). 
Luas permukaan air Danau Singkarak mencapai 11. 200 hektar dengan panjang maksimum 20 kilometer dan lebar 6,5 kilometer dan kedalaman 268 meter. 
Da­nau ini memiliki daerah aliran air sepanjang 1.076 kilometer dengan curah hujan 82 hingga 252 me­limeter per bulan.Danau Singkarak merupakan danau terluas kedua setelah Danau Toba yang ada di Pulau Sumatra dan ter­letak di dua kabupaten Solok dan Tanah Datar.

Menurut cerita, danau yang juga merupakan hulu Sungai Batang Ombilin ini dahulu memang merupa­kan lautan luas. Namun karena terjadi sebuah peris­tiwa yang luar biasa, air laut tersebut menyusut hingga saat ini lebih dikenal de­ngan Danau Singkarak.
Danau Singkarak juga terkenal dengan ikan Bilih nya yang merupakan spe­sies ikan yang hanya hidup di danau ini saja. Ikan ini sangat unik karena tidak dapat bertahan hidup di mana saja, bahkan di dalam akuarium  kecuali di Danau Singkarak. 

Dari bandara interna­sional Minangkabau, Anda dapat menyewa mobil atau minibus umum dengan rute Padang-Solok dan ke­mu­dian mengambil trans­por­tasi lain ke danau. Perja­lanan ini akan membawa Anda melewati kawasan Sitinjau yang terkenal dengan tikungan  tajam dan ngarai curam.
Memang tak bisa di­pungkiri, pemandangan di sekitar obyek wisata alam ini begitu menawan. Begitu fantastis. Mata ini tak bosan melihat hamparan air kebiruan yang jernih dengan riak-riak kecil mengiringinya, Juga butiran pasir halus yang mem­bentang di bibir danau. 
Di tengah danau, perahu kecil milik nelayan sedang menga­rungi danau yang tenang, tempat bersemayam aneka jenis ikan. Juga hilir mudik perahu motor atau becak da­nau yang disewakan bagi wisatawan.
Pohon-pohon yang tum­buh di sepanjang tepian da­nau menjadi pembatas antara daratan dan air. Bahkan bebe­rapa sudut ada areal per­sawa­han yang menghijau, mem­buat suasana semakin tentram. 
Apalagi, hamparan Bukit Ba­risan melatarbelakanginya tanpa batas, dan dari kejahuan bisa disaksikan Gunung Sing­galang dan Marapi yang berdiri gagah seolah menjaga ketenangan danau ini.
Danau ini merupakan hulu Batang Ombilin. Air danau ini sebagian dialirkan melewati terowongan menembus Bu­kit Barisan ke Batang Anai untuk menggerakkan ge­nerator PLTA Singkarak di dekat Lubuk Alung, Padang Pariaman.
Nah, tidak ada salah­nya jika Anda merekomendasikan kepada keluarga dan sahabat menyempatkan diri untuk mengisi waktu libur di Danau Singkarak nan indah dan eksotis ini. 
Selain menawarkan suguhan pe­man­dangan nan eksotis nan memikat, Danau Singkarak juga akan memanjakan an­da dengan aneka kuliner khas Ranah Minang. Sela­mat berlibur. (Husni / ****)

- Advertisement -

Latest news

Gubernur Sulut dan Walikota Manado Undang Investor Bangun Hotel 2 Triliun di Pantai Malalayang

MANADO - Pantai Malalayang yang memiliki pemandangan indah nan eksotis dengan penampakan pesisir pantai yang menawan, membuat Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey dan Wali Kota...
Baca Juga :  Pembangunan Terintegrasi di Kawasan Wisata Danau Toba Mendongkrak Perekonomian Masyarakat dan Daerah

Antisipasi Lonjakan Covid, Satpol PP Kabupaten Bogor Tambah Titik Penyekatan Menuju Kawasan Wisata

PUNCAK -- Pada masa liburan akhir pekan dan hari-hari besar keagamaan, Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bogor menerapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di kawasan wisata...

Pemkot Makassar Kolaborasi Bareng Kemenparekraf untuk Gelar Kegiatan Pariwisata

JAKARTA -- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno mengundang Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan “Danny” Pomanto ke kantor Menparekraf di Jakarta, Rabu (14/4/2021)....

Diambil Alih Pemerintah, Manajemen TMII Merasa Tak Pernah Rugikan Negara

JAKARTA -- Beberapa hari setelah Pemerintah mengambil alih Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Direktur Utama TMII Mayjend Purn TNI Achmad Tanribali Lamo akhirnya menjelaskan pengelolaan...

Menparekraf Puji Inovasi Pariwisata Ala Bobby, The Kitchen Of Asia Didukung

MEDAN -- Rencana besar Walikota Medan Bobby Nasution dan Pemerintah Kota (Pemkot) Medan untuk menjadikan kota tersebut sebagai 'The Kitchen of Asia', mendapat apresiasi serta...
- Advertisement -

Related news

Serap Aspirasi dan Komunikasi dengan Masyarakat, Bupati Bogor Gelar Boling

CIBINONG -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor menggelar program Rebo Keliling (Boling) secara daring dan luring di Kecamatan Klapanunggal. Bupati Bogor Ade Yasin memastikan bahwa...

Dinkes Kesehatan Kabupaten Bogor Kerahkan 101 Puskesmas untuk Intens Lakukan 3T

CIBINONG - Guna mengantisipasi lonjakan kasus baru Covid-19 serta untuk mengoptimalkan penanganan dan pengendalian pandemi Covid-19, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bogor menginstruksikan 101 Puskesmas...

Bikin Berbagai Gebrakan, DPR RI Puji Kinerja Kapolri Listyo Sigit

JAKARTA -- Ketua Komisi III DPR RI Herman Hery menyampaikan apresiasi terhadap kepemimpinan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo selama beberapa bulan terakhir. Herman menyebut digitalisasi...

Usulkan ke Raja Malaysia Bentuk Dewan Nasional, Mahathir Tak Ambisi Lagi Jadi Perdana Menteri

KUALA LUMPUR -- Mantan Perdana Menteri Malaysia Dr Mahathir Mohamad buka suara menolak klaim yang menyebutnya mencoba kembali ke Putrajaya (kantor Perdana Menteri, Red) dengan...
- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here