Kamis, 2 Desember 2021

Danau Singkarak yang Indah dan Eksotis Menawan Hati

Danau Singkarak, Sebuah danau vulkanik yang terletak di jantung provinsi Sumatera Barat. Dengan pemandangan yang sangat eksotis, Danau Singkarak layak dijadikan sebagai salah satu kunjungan wajib jika kita berwisata ke Ranah Minang.
Danau Singkarak ter­letak pada geografis koor­dinat 0,36 derajat Lintang Selatan (LS) dan 100,3 Bu­jur Timur (BT) dengan ke­tinggian 363,5 meter diatas permukaan laut (mdpl). 
Luas permukaan air Danau Singkarak mencapai 11. 200 hektar dengan panjang maksimum 20 kilometer dan lebar 6,5 kilometer dan kedalaman 268 meter. 
Da­nau ini memiliki daerah aliran air sepanjang 1.076 kilometer dengan curah hujan 82 hingga 252 me­limeter per bulan.Danau Singkarak merupakan danau terluas kedua setelah Danau Toba yang ada di Pulau Sumatra dan ter­letak di dua kabupaten Solok dan Tanah Datar.

Menurut cerita, danau yang juga merupakan hulu Sungai Batang Ombilin ini dahulu memang merupa­kan lautan luas. Namun karena terjadi sebuah peris­tiwa yang luar biasa, air laut tersebut menyusut hingga saat ini lebih dikenal de­ngan Danau Singkarak.
Danau Singkarak juga terkenal dengan ikan Bilih nya yang merupakan spe­sies ikan yang hanya hidup di danau ini saja. Ikan ini sangat unik karena tidak dapat bertahan hidup di mana saja, bahkan di dalam akuarium  kecuali di Danau Singkarak. 

Dari bandara interna­sional Minangkabau, Anda dapat menyewa mobil atau minibus umum dengan rute Padang-Solok dan ke­mu­dian mengambil trans­por­tasi lain ke danau. Perja­lanan ini akan membawa Anda melewati kawasan Sitinjau yang terkenal dengan tikungan  tajam dan ngarai curam.
Memang tak bisa di­pungkiri, pemandangan di sekitar obyek wisata alam ini begitu menawan. Begitu fantastis. Mata ini tak bosan melihat hamparan air kebiruan yang jernih dengan riak-riak kecil mengiringinya, Juga butiran pasir halus yang mem­bentang di bibir danau. 
Di tengah danau, perahu kecil milik nelayan sedang menga­rungi danau yang tenang, tempat bersemayam aneka jenis ikan. Juga hilir mudik perahu motor atau becak da­nau yang disewakan bagi wisatawan.
Pohon-pohon yang tum­buh di sepanjang tepian da­nau menjadi pembatas antara daratan dan air. Bahkan bebe­rapa sudut ada areal per­sawa­han yang menghijau, mem­buat suasana semakin tentram. 
Apalagi, hamparan Bukit Ba­risan melatarbelakanginya tanpa batas, dan dari kejahuan bisa disaksikan Gunung Sing­galang dan Marapi yang berdiri gagah seolah menjaga ketenangan danau ini.
Danau ini merupakan hulu Batang Ombilin. Air danau ini sebagian dialirkan melewati terowongan menembus Bu­kit Barisan ke Batang Anai untuk menggerakkan ge­nerator PLTA Singkarak di dekat Lubuk Alung, Padang Pariaman.
Nah, tidak ada salah­nya jika Anda merekomendasikan kepada keluarga dan sahabat menyempatkan diri untuk mengisi waktu libur di Danau Singkarak nan indah dan eksotis ini. 
Selain menawarkan suguhan pe­man­dangan nan eksotis nan memikat, Danau Singkarak juga akan memanjakan an­da dengan aneka kuliner khas Ranah Minang. Sela­mat berlibur. (Husni / ****)

Latest news

Baca Juga :  Kebijakan Penanganan Corona Membuat Pengusaha Pariwisata Terpukul

Kue Mochi Produk UMKM Desa Cidereum Kabupaten Bogor Siap bersaing di Pasar

CARINGIN - Desa Cidereum Kecamatan Caringin-Kabupaten Bogor, selain memiliki potensi hasil bumi seperti pertanian dan hortikultura, juga memiliki produk pangan hasil Usaha Kecil Mikro...

Kemenparekraf Gulirkan Ragam Program untuk Kebangkitan Pariwisata

JAKARTA -- Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf dan Baparekraf) tengah berupaya untuk bisa membangkitkan kembali sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.dengan...

Kepala Baharkam Pastikan Keamanan World Super Bike di Kawasan Wisata Mandalika

LOMBOK TENGAH -- Untuk memastikan lancar dan suksesnya pengamanan event internasional,  Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri Komjen Pol Arief Sulistyanto meninjau lokasi Sirkuit MotoGP...

Provinsi Jateng Juara di Lomba Pariwisata, Gubernur Diganjar Penghargaan Khusus

Semarang – Sejumlah destinasi wisata di wilayah provinsi Jawa Tengah (Jateng) menjadi juara dalam ajang Trisakti Tourism Award 2021 di Jakarta, baru-baru ini. Selain itu,...

Pembangunan Hotel Sayaga Wisata Tuntas dan Difungsikan pada 2022

CIBINONG -- Sempat mangkrak hampir dua tahun, pembangunan Hotel Sayaga milik Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Pemkab Bogor di jalan Tegar Beriman Cibinong, Jawa...
- Advertisement -

Related news

Tidak Hormati MPR, Presiden Didesak Copot Sri Mulyani

JAKARTA -- Sikap tidak menghormati dan cenderung menyepelekan keberadaan Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI), membuat para pimpinan MPR geram dan kemudian mendesak Presiden...

Panitia Reuni 212 Belum Minta Ijin ke Polres Bogor dan Satgas Covid

BOGOR -- Kepolisian Resort (Polres) Bogor menegaskan bahwa pihaknya belum mengeluarkan izin untuk kegiatan reuni 212 yang akan dilaksanakan di Masjid Az-Zikra Sentul, Citeureup,...

DPR Setujui Deputi Gubernur Bank Indonesia yang Baru

JAKARTA -- Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) memutuskan untuk menyetujui Juda Agung dan Aida Budiman menjadi Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI). Hal tersebut diambil...

Percepat Gerak Birokrasi, PNS Boleh Berpindah-pindah Instansi

JAKARTA -- Menpan RB alias Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Tjahjo Kumolo, menyatakan kementerian yang dipimpinnya saat ini terus berupaya merombak sistem kerja...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here