Rabu, 26 Januari 2022

Hadapi Italia di Final, Inggris Ingin Jadi Juara Piala Eropa Pertama Kalinya

LONDON — Skuad The Three Lions, Inggris, menjadi lawan Italia pada final UEFA Euro 2020 dan berkeinginan kuat menjadi juara pertama kalinya dalam laga final di depan publiknya sendiri, di Stadion Wembley, London, pada Senin (12//7/202) mendatang. Inggris ke Final usai menundukkan Denmark dengan skor 2-1.

Final Euro 2021 ini adalah capaian terbaik inggris semenjak semifinal 1996 yang berujung kekalahan dari Jerman lewat adu penalti. Dalam sejarah Euro, capain terbaik Inggris adalah menjuarai peringkat tiga di Euro 1968, dua tahun setelah merebut juara dunia 1966.

Pertemuan antara Inggris dan Italia di final Euro 2021 ini bisa dibilang sebagai final yang ideal. Ini mengingat kiprah kedua tim yang bisa dibilang cukup apik dengan membawa sejumlah ukiran rekor.

Sebelum laga malawan Denmark ini, Inggris memiliki catatan clean sheet, belum kebobolan di lima laga Euro 2021. Dan untuk pertama kali mereka juga mengakhiri catatan minor dari Jerman di fase gugur, semenjak kalah di semifinal Euro 1996.

Sementara Italia, usai kemenangan dari Spanyol lewat drama adu pinalti, mereka sampai saat ini masih memiliki kemenangan 33 laga secara beruntun. Jelas Italia merupakan lawan tangguh walau saat ini secara permainan belum optimal.

Berdasarkan catatan UEFA, pertemuan antara Italia dan Inggris telah terjadi sebanyak 27 kali. Hasilnya, Gli Azzurri menang 11 kali dan Inggris 8 kali, dan 8 sisanya berakhir seri.

Dua pertemuan kedua tim sebelumnya selalu berakhir imbang dengan skor 1-1, yakni pada laga persahabatan 2018 dan 2015. Terakhir Italia menang dari Inggris tekahir kali pada Piala Dunia 2014 di fase grup dengan skor 1-2.

Baca Juga :  Terkait Suap Penyidik KPK, Nasib Wakil Ketua DPR RI Ditentukan MKD Setelah Lebaran

Sedangkan Inggris menang dari Italia terakhir kali pada 2012 silam di laga persahabatan dengan skor 2-1. Dan jedua tim pernah bertemu di ajang Euro, tepatnya di tahun 1980 saat digelar di Italia.

Aksi Harry Kane

Dalam laga melawan Denmark, Harry Kane menjadi pahlawan Inggris berkat gol penentunya di babak tambahan di semifinal Euro 2020, pada Kamis 8 Juli 2021 sekitar pukul 02.00 WIB.

Pada babak tambahan 2×15 menit, Inggris memasukan beberapa pemain untuk bisa menjebol gawang Denmark yang kokoh dijaga Schmeichel.

Jordan Henderson dan Phil Foden dimasukkan, mengantikan Declan Rise dan Mason Mount. Pada menit 98, Grealish berusaha menerobos pertahanan Denmark yang bermain sentuhan cantik Foden di tepi kotak.

Namun sayang, tendangan kaki kanan gelandang Aston Villa itu digagalkan oleh kiper Denmark, Schmeichel. Gol kedua Inggris akhirnya tiba di menit 104, Kane memanfaatkan bola rebound dari tendangan penaltinya yang mampu dibaca Schmeichel.

Penalti didapat Inggris, setelah Sterling dijatuhkan Maehle di kotak penalti pada menit 102. Dari hasil VAR, memutuskan penalti untuk Inggris yang dieksekusi Kane. Namun lagi-lagi, Schmeichel benar-benar kokoh menjaga gawang Denmark.

Akan tetapi, bola rebound dengan cepat disambar Kane dan gol. Inggris 2-1 Denmark. Sampai peluit akhir dibunyikan, Inggris unggul 2-1 atas Denmark dan berhak atas tiket final UEFA EURO 2020. (***/CP)

Latest news

Baca Juga :  Bukan Cuma Pemerintah, Hutang Negara Juga Menjadi Tanggung Jawab DPR RI

Penunjukan Maruli Simanjuntak Sebagai Pangkostrad Bukan Karena Menantu Luhut Panjaitan

JAKARTA -- Penunjukan menantu Luhut B Panjaitan (Menko Maninves RI)--Mayor Jendral (Mayjen) TNI Maruli Simanjuntak--menjadi Panglima Komando Cadangan Strategis TNI Angkatan Darat atau Kostrad, dinilai...

TNI AD Sebut Poster Haikal Hassan Ceramah di Yonif Raider Malang Adalah Hoaks

JAKARTA- Markas Besar TNI Angkatan Darat (AD) merasa gerah dan langsung mengklarifikasi poster yang beredar luas di media sosial terkait kedatangan pendakwah...

Empat Pangdam, Komandan Marinir dan Gubernur AAU, Promosi Jabatan Bintang 3

JAKARTA -- Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa menetapkan 10 perwira tinggi untuk mengisi jabatan strategis bintang tiga di lingkungan Tentara Nasional Indonesia (TNI). Selain...

Hasil Survei Terbaru, Warga DKI Tak Puas akan Kinerja Anies

JAKARTA -- Tingkat kepuasan publik terhadap kinerja Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan hanya mencapai 33,8 persen meskipun mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu...

Beraksi Lagi, Tim KPK Tangkap Tangan Bupati Langkat dan 6 Orang

MEDAN -- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus melakukan gebrakan di awal 2022 dengan menggelar operasi tangkap tangan (OTT) terkait kasus rasuah di sejumlah daerah. Kali...
- Advertisement -

Related news

Mayjend Maruli Tegaskan Tak Pernah Minta Jadi Panglima Kostrad ke Presiden

DENPASAR -- Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) IX / Udayana Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Maruli Simanjuntak akhirnya merespons sangkaan serta cibiran sejumlah pihak terkait dengan...

Jadikan OTT KPK Sebagai Pelajaran, Mendagri Minta Seluruh Kepala Daerah Waspada

JAKARTA -- Tak sedikit kepala daerah diciduk Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melalui Operasi Tangkap Tangan (OTT) dalam beberapa tahun terakhir ini. Tak pelak, hal ini...

Penunjukan Maruli Simanjuntak Sebagai Pangkostrad Bukan Karena Menantu Luhut Panjaitan

JAKARTA -- Penunjukan menantu Luhut B Panjaitan (Menko Maninves RI)--Mayor Jendral (Mayjen) TNI Maruli Simanjuntak--menjadi Panglima Komando Cadangan Strategis TNI Angkatan Darat atau Kostrad, dinilai...

Enam Jendral Yunior Mendapat Promosi Jabatan Strategis

JAKARTA -- Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa telah menandatangani Surat Keputusan Jabatan 328 Perwira Tinggi TNI melalui Keputusan nomor 66/I/2022 tanggal 21 Januari 2022...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here