Senin, 15 April 2024

Kemendikbud Mundurkan Pelaksanaan Asesmen Akibat Pandemi Covid

JAKARTA — Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim akhirnya memutuskan unruk menunda pelaksanaan Asesmen Nasional (AN) yang sebelumnya ditargetkan berlangsung Maret-Agustus 2021. Namun Nadiem menargetkan pelaksanaan AN tersebut bisa dilaksanakan pada September dan Oktober nanti.

“Karena situasi pandemi Covid 19 terus meningkat, Kemendikbud memutuskan untuk menunda pelaksanaan Asesmen Nasional,” kata Nadiem Makarim, dalam Rapat Kerja virtual bersama Komisi X di gedungvDPR RI, Rabu (20/1/2021).

Menurut pendiri aplikasi start up Gojek ini, selain demi melindungi keamanan dan kesehatan siswa serta guru di sekolah, penundaan AN ini sekaligus menunggu pelaksanaan menyeluruh vaksinasi covid-19.

“Kita menunda, bukan meniadakan. Sehingga persiapan baik dari akselerasi vaksin harapannya sudah lebih mendalam dengan tetap menjaga protokol kesehatan,” papar Nadiem.

Baca Juga :  Kemendikbud Sediakan Beasiswa Program Pendidikan S2 ke Luar Negeri

Meski demikian, Nadiem memastikan pelaksanaan AN akan tetap dilaksanakan ditahun ini. “AN tetap penting dilakukan karena Kemendikbud membutuhkan informasi mengenai kondisi pendidikan nasional untuk dasar pemberian bantuan,” ujarnya.

Pasalnya, jika selama satu tahun terakhir tidak dilakukan asesmen, maka akan sulit untuk mengetahui kondisi ril di sekolah-sekolah seluruh Indonesia yang memang butuh bantuan.

“Kalau kita tidak bisa mengetahui sekolah yang tertinggal, kita tidak bisa membuat strategi bantuan untuk sekolah-sekolah yang membutuhkan. Inilah alasan harus ada Asesmen Nasional di tahun 2021,” pungkasnya.

Latest news

- Advertisement -spot_img

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini