Minggu, 14 April 2024

Putra Papua Jadi Wakil KSAD, Menantu Luhut Jabat Pangdam Udayana

JAKARTA – Luar biasa, TNI memberikan satu posisi penting kepada putra asli Papua yang menjabat Pangdam XVII/Cenderawasih, Mayjen TNI Herman Asaribab. Dia mendapat promosi jabatan sebagai Wakil Kepala Staf TNI AD (Wakasad). Hal itu tertuang dalam mutasi jabatan di lingkungan TNI sesuai dengan Skep Panglima TNI Nomor 911/XI/2020 tanggal 18 November 2020.

Dengan jabatan barunya ini, Herman Asaribab yang merupakan Perwira Abituren Akabri Angkatan 1988 pertama mendapatkan kenaikan pangkat bintang tiga atau Letnan Jendral TNI AD. Jabatan Pangdam XVII/Cenderawasih selanjutnya akan diserahterimakan kepada Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono yang saat ini menjabat sebagai Dansecapaad di Bandung, Jawa Barat.

Bintang terang juga menerangi menantu Menko Luhut Binsar Pandjaitan, yaitu Mayjen TNI Maruli Simanjuntak yang mendapat amanah baru menjadi Pangdam IX/Udayana. Mayjen Maruli sebelumnya adalah Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres). Dia juga pernah menjabat sebagai Danrem Surakarta, Wadan Paspampres dan Kepala Staf Kodam Diponegoro Jawa Tengah.

Baca Juga :  Kodam XVII/Cenderawasih Bakal Bangun Gudang Logistik, Dansatgas Cek Lokasi di Distrik Sinak dan Agandugume

Mayjen TNI Maruli Simanjuntak lahir di Bandung, 27 Februari 1970. Dia mulai aktif berdinas di TNI Angkatan Darat sejak tahun 1992. Ia diketahui berpengalaman dalam Infanteri (Kopassus) serta Detasemen Tempur Cakra.

Terdapat beberapa jabatan yang pernah diamanahkan padanya, antara lain Wadan Grup 1 Kopassus (Tahun 2010-2013), Dan Grup 2 Kopassus (Tahun 2013-2014), Asops Danjen Kopassus (Tahun 2014) dan Dan Grup A Paspampres (Tahun 2014-2016).

Dalam amanatnya terkait mutasi ini, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan, bahwa pergeseran dan promosi jabatan dalam institusi TNI merupakan suatu penghargaan yang diberikan oleh pimpinan kepada prajurit yang memiliki kinerja dan prestasi menonjol. (HRP)

Latest news

- Advertisement -spot_img

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini