Sabtu, 18 September 2021

Trend Baru Industri Musik Bakal Hadir di 2021

JAKARTA – Setiap dekade atau bahkan setiap tahun trend industri musik selalu mengalami perkembangan yang menarik dan cukup signifikan. Mulai dari gaya, cara orang mendengarkannya, hingga kecenderungan teknologi yang digunakan penyedia layanan musik. Dan pada 2021 ini, diperkirakan akan hadir sejumlah trend baru dalam musik. 
Trend musik teratas di tahun 2021 tersebut berdasarkan hasil survei berjudul Indonesia Music 2021 Outlook oleh Provetic bersama dengan Resso dan TikTok, yang melibatkan lebih dari 100 responden dari industri musik mulai dari musisi, pencipta lagu, produser, dan pelaku industri musik lainnya.
Genre Beragam

Tahun 2020, selama pandemi, semakin banyak orang yang tertarik untuk mencari dan menemukan musik dan genre baru sebagai cara untuk menghibur mereka.

Ketika orang-orang mulai mendengarkan berbagai jenis genre, hal ini juga akan membuka banyak peluang bagi musisi dari berbagai genre untuk mulai berkolaborasi.

Berdasarkan hasil survei, sebanyak 20 persen responden juga ingin melihat kolaborasi multi genre sebagai tren industri musik di tahun 2021. Tren ini juga didukung oleh adanya platform streaming musik, seperti Resso.

Melalui Artist Cover Remix Project, Resso berkolaborasi dengan Willy Anggawinata dalam meng-cover lagu koplo yang sedang viral, “Biarlah Semua Berlalu”, menjadi versi akustik pop yang mendapat sambutan positif.

Resso juga memprakarsai adanya kolaborasi antara penyanyi solo pendatang baru, Bilal Indrajaya, dengan band ternama Maliq & D’essentials, serta kolaborasi antara solois muda Vira Talisa dengan duo indie ternama Endah N Resso, melalui Ressound Project.
Platform
Berbagai platform streaming musik akan memikul tanggung jawab tambahan setelah adanya pandemi. Tidak hanya menyediakan musik saat bepergian bagi pengguna, namun juga memiliki peran yang lebih integral dalam industri musik untuk mendukung musisi lokal dan membantu mereka terhubung dengan para penggemarnya di tengah adanya jarak yang menghambat.

Baca Juga :  Ayu Ting Ting Bertekad Benamkan Hatersnya ke Dalam Penjara

Banyak platform musik digital yang dinilai berhasil mendekatkan para musisi dengan para penggemarnya. Sebanyak 62 persen responden juga menyetujui bahwa konser virtual akan menjadi sebuah kebiasaan baru di masa depan.

Oleh karena itu, kolaborasi antara platform streaming musik dengan musisi benar-benar dibutuhkan dan tidak dapat dihindari. Dari hasil survei, para pelaku industri musik juga mengharapkan platform streaming turut berperan dalam memenuhi kebutuhan tersebut, terutama dalam hal membangun kolaborasi dengan musisi lokal dan menghubungkan mereka dengan para penikmatnya.

 
Fitur Sosial
Database musik yang lengkap, algoritma yang canggih, dan audio berkualitas tinggi adalah syarat-syarat mendasar yang harus dimiliki platform streaming musik saat ini.

Tapi ada satu hal lainnya yang menonjol dari yang lain, yaitu fitur sosial. Tidak dapat dipungkiri bahwa musik dan media sosial berjalan beriringan sebagai salah satu cara kita mengekspresikan diri ketika kata-kata tidak cukup memenuhinya.

Hal ini terbukti ketika banyak orang membagikan musik yang mereka sukai melalui unggahan media sosial dan seringkali hal tersebut mencerminkan perasaan mereka.

Dan berdasarkan hasil survei, sebanyak 23 persen responden melihat integrasi media sosial sebagai salah satu faktor yang mendorong preferensi pada platform streaming musik. (Khusus)
- Advertisement -

Latest news

Baca Juga :  Kaya Raya dan Sudah Punya Anak, Ayu Ting Ting Masih Belum Lepas dari Orangtua

Jadi Tersangka Kasus Pornografi, DJ Dinar Candy Menyesal Demo Hanya Pakai Bikini

JAKARTA - DJ sekaligus Youtuber seksi, Dinar Candy, mengaku menyesal telah melakukan aksi protes aturan PPKM Darurat hanya dengan memakai bikini di jalanan yang...

Jadi Tersangka Kasus Pelanggaran Protokol Kesehatan, Herlin Kenza Tetap Santai

Selebgram cantik asal Aceh, Herlin Kenza, telah ditetapkan Polisi menjadi tersangka kasus pelanggaran protokol kesehatan di masa PPKM, dimana Herlin diduga telah mengundang kerumunan orang...

Kecanduan Sabu, Nia Ramadhani dan Suami Akhirnya Jadi Pasien Rehabilitasi Narkoba

JAKARTA -- Selebritis ternama Nia Ramadhani dan suaminya, Ardi Bakrie, dipastikan segera menjalani program rehabilitasi berkaitan dengan penyalahgunaan sekaligus ketergantungan terhadap narkoba jenis sabu....

Hidup Berlimpah Harta Tak Bahagia, Nia dan Ardi Malah Terbuai Nikmatnya Sabu

JAKARTA -- Hidup berlimpah harta, berstatus selebritis ternama, memiliki keluarga terhormat, ternyata tak menjamin kebahagiaan Nia Ramadhani dan suaminya, Anindra Ardiansyah alias Ardi Bakrie. Keduanya,...

Wow..!! Olla Ramlan Tidak Takut Jadi Janda Jika Suami Main Tangan dan Selingkuh

Selebritis cantik sekaligus artis peran, model dan presenter, Olla Ramlan mengaku dirinya bukan tipe perempuan suka banyak mengatur suami. Namun, dia tidak akan memberikan...
- Advertisement -

Related news

PN Cibinong Dianggap Menyalahi Prosedur, Eksekusi Lahan di Citayam Dibatalkan

BOGOR -- Upaya penguasaan sebidang lahan kosong di kawasan Perumahan Green Citayam City, Desa Ragajaya, Kecamatan Bojong Gede-Kabupaten Bogor, oleh Panitera dan Juru Sita...

Jokowi Ajak Masyarakat Disiplin Terapkan Protokol Kesehatan

DELI SERDANG --Bupati Deli Serdang H.Ashari Tambunan mendampingi Presiden RI Joko Widodo serta rombongan pejabat tinggi pusat maupun daerah dalam kunjungan kerja dan peninjauan...

Maling di Rumah Tetangga Terekam CCTV, Ketahuan Lalu Ditangkap Polisi

MEDAN - Polsek Medan Baru mengamankan seorang laki-laki berinisial KR (56) warga Jalan Cinta Karya Gg. Kelapa No. 5 Kelurahan Sari Rejo, Kecamatan Medan...

Lapas Arga Makmur Bengkulu Gelar Vaksinasi Warga Binaan

ARGA MAKMUR -- Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) II B Arga Makmur, Kabupaten Bengkulu Utara, turut menyukseskan program vaksinasi nasional yang digelar pemerintah untuk meningkatkan herd...
- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here