Kamis, 2 Desember 2021

Banser Korwil Bogor Tengah Edukasi Agni’a Berbagi Kebahagiaan Dengan Sesama

BOGOR  Hakikat bersedekah adalah menjaga diri kita dari bala serta melipat gandakan rizki yang kita miliki. Karena itu, Barisan Ansor Serba Guna (Banser) Korwil Bogor Tengah, Kabupaten Bogor, Jawa Barat menggalang donasi internal untuk berbagi makanan berbuka atau takjil pada Jum’at petang (30/04/2021).

Menurut Korwil Banser Bogor Tengah, Rusydi Suharyadi. Sedekah para anggota diniatkan untuk menjaga diri dari ancaman penyakit khususnya Virus Covid-19. Selain juga untuk meningkatkan kesejahteraan para anggota.

“Kami diajarkan untuk meyakini bahwa sedekah sebagai media tolak bala dan mewarisi bertambah rezeki,” kata Rusydi dalam siaran persnya yang diterima redaksi, Sabtu (1/4/2021).

Selain itu, pihaknya juga bermaksud mengedukasi para agnia (orang kaya) untuk berbagi kebahagiaan dengan masyarakat, khususnya mereka yang tak mampu, tanpa menghawatirkan harta yang dimilikinya habis karena sedekah.

“Tidak mungkin kita miskin karena sedekah. Yang menjamin adalah Allah itu janji Allah asalkan kita yakin dan ikhlas, itu benar dan pasti,” ucapnya.

Sementara Satkorcab Kabupaten Bogor, M.Ruslan menerangkan pentingnya Banser untuk mengedukasi masyrakat yang mampu untuk peduli dengan sekitarnya.

Menurutnya, cara terbaik dalam berdkwah adakah dengan lisanul hal (tindakan). “Dakwah dengan lisan tak lebih efektif dari dakwah dengan tindakan, tegas Ruslan.

Ia berharap para warga Nahdliyyin yang memiliki kelebihan harta untuk tak segan berbagi dengan sekitarnya. Agar kesulitan di era pandemi bisa menjadi ringan bila ditanggung bersama.

“Era pandemi ini sangat dirasa berat oleh asyarakat. Dengan kepedulian dan bersama-sama, tentu bebam pasti akan menjadi ringan,” imbuhnya.

Baca Juga :  Kejaksaan Mulai Selidiki Kasus Dugaan Penyelewengan Dana Hibah Kadin Jabar

Terlebih lagi di masa bulan Ramadhan ini disyariatkan berpuasa. Yang pada hakikatnya melatih umat mumin untuk bertakwa dan mempertajam kepekaan sosial. Selain itu juga menjadi waktu paling afdhol untuk bersodaqoh.

“Kalau kita belum bisa merasakan penderitaan saudara lainnya maka puasa kita bisa dikatakan gagal. Karena bulan Ramadhan ini menjadi bulan latihan untuk menjadi pribadi yang peduli pada sesama,” tuturnya.

Terpisah, Ketua GP Ansor Kabupaten Bogor, Damiri Ghozali mengaku akan mensupot kegiatan tersebut. Agar banser bisa secara rutin melakukan kegiatan tersebut.

“Sekecil apapun kegiatannya jika itu baik maka akan kami dukung. Terlebih lagi, kegiatan ini menunjukan pengorbanan para anggota hingga mau secara kolektif menggalang dana untuk berbagi,” beber Damiri.

Kata Damiri lagi, kegiatan ini akan diselenggarakan hingga beberapa hari. Melibatkan semua anggota banser di Kabupaten Bogor.

“Acara ini merupakan inisiatif korwil Bogor Tengah. Tapi semua anggota Banser punya tanggungjawab untuk membantu dan memeriahkannya,” ujarnya.

Rencananya, puncak acara tersebut akan diselenggarakan pada Tanggal 10 Mei 2021. Untuk acara puncak, pihaknya menghimpun  dana dari anggota dan pengurus. Ada pula beberapa sumbangan dari mualaf dan pengurus PC Jatman dan PC NU Kabupaten Bogor.

Sebagai informasi, Korwil Banser Bogor Tengah terdiri dari lima kecamatan antara lain, Cibinong, Citeireup, Bojonggede, Tajurhalang,  Babakan Madang, dan Sukaraja.

Adapun total jumlah anggota Banser di Korwil Bogor Tengah mencapai 5.000 anggota. “Dari database yang ada, anggota di Korwil Bogor Tengah mencapai 5.732,” pungkas Damiri. (*/Nurali)

Latest news

Baca Juga :  BNN Gelar Pelatihan Wira Usaha di Kawasan Rawan Narkoba Provinsi Yogyakarta

Bupati Bogor Janji Permudah Perizinan Setelah Ditegur Gubernur Jabar

BOGOR -- Bupati Bogor, Ade Yasin, berjanji akan mengawal kemudahan berinvestasi di wilayahnya, demi melakukan pemulihan ekonomi imbas dari pandemi COVID-19. Untuk itu, dia menginstruksikan...

LIPPI Apresiasi Sikap Humanis Dirlantas Polda Metro Saat Amankan Aksi Demo

JAKARTA -- Aksi damai massa organisasi kemasyarakatan di depan Gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) pada Kamis (25/11/21) lalu, tercoreng oleh tindakan anarkis segelintir oknum yang...

Nurut Rais Aam, Pengurus Daerah Desak PBNU Percepat Muktamar

JAKARTA -- Munculnya wacana pengunduran waktu pelaksanaan muktamar Nadhlatul Ulama (NU) ke 34 terkait rencana Pemerintah menerapkan kembali Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3 yang...

Disnakertrans Manggarai Timur Gelar Sosialisasi Undang-Undang Ketenagakerjaan

MANGGARAI TIMUR -- Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Manggarai Timur (Matim), Nusa Tenggara Timur (NTT) menggelar kegiatan sosialisasi tentang Undang-Undang (UU) Ketenagakerjaan di...

Momentum Hari Pahlawan, Kabinda Sumut Vaksin Veteran di Medan Deli

MEDAN -- Bertepatan dengan peringatan hari Pahlawan 10 November, Badan Intelijen Negara ((BIN) kembali melaksanakan vaksinasi massal terhadap pelajar dan masyarakat di kota Medan. Di...
- Advertisement -

Related news

Tidak Hormati MPR, Presiden Didesak Copot Sri Mulyani

JAKARTA -- Sikap tidak menghormati dan cenderung menyepelekan keberadaan Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI), membuat para pimpinan MPR geram dan kemudian mendesak Presiden...

Panitia Reuni 212 Belum Minta Ijin ke Polres Bogor dan Satgas Covid

BOGOR -- Kepolisian Resort (Polres) Bogor menegaskan bahwa pihaknya belum mengeluarkan izin untuk kegiatan reuni 212 yang akan dilaksanakan di Masjid Az-Zikra Sentul, Citeureup,...

DPR Setujui Deputi Gubernur Bank Indonesia yang Baru

JAKARTA -- Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) memutuskan untuk menyetujui Juda Agung dan Aida Budiman menjadi Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI). Hal tersebut diambil...

Percepat Gerak Birokrasi, PNS Boleh Berpindah-pindah Instansi

JAKARTA -- Menpan RB alias Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Tjahjo Kumolo, menyatakan kementerian yang dipimpinnya saat ini terus berupaya merombak sistem kerja...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here