Selasa, 16 April 2024

Pecalang Bali Bantu Amankan Sholat Ied di Bengkulu Utara

BENGKULU UTARA – Allah hu akbar, allah hu akbar, allah hu akbar la illah ha illalah hu allah hu akbar. Gema takbir telah berkumandang, dengan diiringi langkah kaki para kaum muslimin untuk melaksanakan solat Ied di mesjid-mesjid yang ada di seluruh nusantara dan terkhusus di provinsi Bengkulu.

Namun ada yang tak biasa dan sangat luar biasa yang terjadi tepatnya di salah satu Masjid Al Kautsar, Desa Rama Agung, Kecamatan Kota Arga Makmur, Kabupaten Bengkulu Utara, Sabtu (22/04/2023).

Tampak beberapa pria yang gagah lalu lalang, sibuk mengatur arus lalu lintas yang ramai di sekitar area mesjid.

Mereka ternyata para pecalang atau petugas keamanan adat Bali yang turut serta membantu pengamanan kepada para warga muslim yang sedang melaksanakan ibadah sholat ied.

Suatu padangan yang luar biasa, dimana para pecalang warga Bali yang mayoritas beragama Hindu dengan ikhlas tanpa pamprih.

Baca Juga :  Bupati Ade Yasin Dukung ASN Pemkab Bogor Terus Berinovasi dan Berkreasi

Rasa kepedulian yang tinggi ikut terjun di tengah-tengah kaum muslimn, untuk mengamankan area mesjid yang ada di Desa Rama Agung agar para muslimin dapat dengan tenang dapat melaksanakan sholat ied berjamaah.

“Bahwa kegiatan yang dilakukan oleh pecalang tidak lain adalah sikap peduli dalam menjaga keutuhan dan persatuan yang mana di Desa Rama Agung keberagaman kepercayaan begitu komplit dan juga rumah ibadahpun berdekatan, saya sebagai kepala desa merasa bangga dan memberikan apresiasi kepada ketua adat dan para pencalang dalam melakukan pengamanan sholat ied di mesjid agar rasa kebersamaan walaupun terdapat perbedaan dapat tetap terjaga dan tidak terpecahkan, saya berharap kegiatan ini nanti tetap terus terjaga dan terlaksana demi mengamalkan nilai-nilai yang ada pada Pancasila,” kata Kepala Desa Rama Agung Putu Suriade.

(WHS)

Latest news

- Advertisement -spot_img

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini