Sabtu, 18 September 2021

Jaksa Agung Geser 6 Kepala Kejaksaan Tinggi dan 13 Kepala Kejaksaan Negeri

JAKARTA — Jaksa Agung Sanitiar (ST) Burhanuddin melakukan Mutasi 375 pejabat dan staf utama di lingkungan Kejaksaan seluruh Indonesia. Dari 375 pejabat tersebut, 13 di antaranya adalah Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) di Sumatra Utara (Sumut), dan 6 Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati).

Mutasi itu tertuang dalam Surat Keputusan Jaksa Agung Nomor Kep-IV-128/C/02 /2021 yang ditanda tangani oleh Jaksa Agung RI atas nama Jaksa Agung Muda Pembinaan Bambang Sugeng Rukmono pada tanggal 8 Februari 2021. Diantaranya ada yang dipromosikan juga bergeser ke posisi dengan eselon yang sama.

Dalam keterangan pers yang diterima redaksi, Rabu (10/2/2021), disebutkan Kajari Pangururan Budi Herman dimutasi jadi Kepala Bagian Tata Usaha Kejaksaan Tinggi (Kejati) Kepulauan Bangka Belitung di Pangkalpinang. Penggantinya Andi Adikawira Putra yang sebelumnya Koordinator pada Kejati Jabar di Bandung.

Kajari Langsa Ikhwan Nul Hakim dimutasi jadi Inspektur Muda Tindak Pidana Umum Perdata dan Tata Usaha Negara pada Inspektorat IV Jaksa Agung Muda Bidang Pengawasan Kejagung RI di Jakarta. Penggantinya Viva Hari Rustaman yang sebelumnya Asisten Pembinaan pada Kejati Nusa Tenggara Timur (NTT) di Kupang.

Kemudian Kajari Empat Lawang di Tebingtinggi, Asbach, dimutasi jadi Asisten Intelijen pada Kejati NTT di Kupang. Sebagai penggantinya, Sigit Prabowo yang sebelumnya menjabat Kajari Bintan, Kepualauan Riau.

Kajari Binjai Andri Ridwan dipindahkan ke Kepala Subdirektorat Penuntutan pada Direktorat Tindak Pidana Narkotika dan Zat Adiktif Lainnya Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Umum dan Kejagung RI di Jakarta. Kajari Binjai kini dijabat Muhmad Husein Admaja yang sebelumnya menjabat Asisten Intelijen pada Kejati Jambi.

Kajari Serdangbedagai di Sei Rampah, Paian Tumanggor dimutasi jadi Kajari Lingga di Daik Lingga. Penggantinya Donny Haryono Setyawan yang sebelumnya menjabat Kajari Solok di Solok, Sumatra Barat.

Kajari Tapanuli Utara di Tarutung, Tatang Darmi digeser jadi Kepala Bagian Tata Usaha pada Kejati Sumsel di Palembang. Sebagai pengganti untuk Kajati Taput ditunjuk Much Suroyo yang sebelumnya menjabat Koordinator pada Kejati Kaltim di Samarinda.

Kajari Toba Samosir di Balige, Robinson Sitorus, dimutasi jadi asisten Pembinaan pada Kejati Riau di Pekanbaru. Penggantinya, Baringin yang sebelumnya menjabat Kajari Landak di Ngabang.

Baca Juga :  Kasus Suap Lelang Proyek, Plt Kadis PUPRP Hulu Sungai Utara Dikirim ke Penjara

Kajari Karo di Kabanjahe, Denny Achmad, digeser jadi Kajari Indramayu. Penggantinya, Fajar Syah Putra, sebelumnya Kepala Bagian Tata Usaha pada Kejati Kaltim di Samarinda.

Kajari Batubaru di Limapuluh Mulyadi Sajaen dimutasi jadi Kajari Karanganyar. Penggantinya Amru Eryadi Siregar yang sebelumnya Kajari Pringsewu.

Kajari Labuhanbatu Selatan Ketut Winawa digeser jadi Asisten Tindak Pidana Khusus pada Kejati Kepulauan Bangka Belitung di Pangkalpinang. Penggantinya Mhd Alinafiah Saragih yang sebelumnya Kajari Subulussalam, Aceh.

Kajari Langkat di Stabat, Iwan Ginting dimutasi jadi Asisten Tindak Pidana Umum Kejati Banten di Serang, Provinsi Banten. Penggantinya Muttaqin Harahap yang sebelumnya Kajari Sorong di Sorong, Papua.

Kajari Padanglawas Kristanti Yuni Purnawanti dimutasi jadi Kajari Kulonprogo di Wates, DIY. Penggantinya, Teuku Herizal yang sebelumnya menjabat Koordinator pada Kejaksaan Tinggi Aceh di Banda Aceh.

Lalu Kajari Simalungun di Pematang Raya Gloria Sinuhaji, dimutasi jadi Asisten Tindak Pidana Umum Kejati Jambi. Penggantinya, Bobbi Sandri yang sebelumnya menjabat Kajari Gayo Lues di Blangkejeren.

Selanjutnya para Kajati yang pindah posisi, antara lain Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Sulawesi Selatan (Sulsel) Firdaus Dewilmar dimutasi ke jabatan baru sebagai Inspektur III pada Jaksa Agung Muda Bidang Pengawasan Kejaksaan Agung (Kejagung).

Jabatan Kajati Sulsel baru diserahkan kepada Raden Febrytriyanto yang sebelumnya menjabat Inspektur IV pada Jaksa Agung Muda Bidang Pengawasan Kejagung.

Baca Juga :  Dua Mayjen NaikJadi Letjen, Komandan Paspampres dan Wadanjen Kopassus Dipromosi

Kajati Bengkulu Andi Muhammad Taufik digantikan Agnes Triani yang sebelumnya menjabat Kepala Pusat Pemulihan Aset pada Jaksa Agung Muda Bidang Pembinaan Kejaksaan Agung (Kejagung).

Kajati Kalimantan Tengah Mukri digantikan Iman Wijaya yang sebelumnya menjabat Wakil Kajati Kepulauan Riau. Kemudian Kajati Riau, Mia Amiati digantikan Jaja Subagja yang sebelumnya menjadi Kajati Gorontalo.

Kajati Gorontalo, Jaja Subagja digantikan Risal Nurul Fitri yang sebelumnya menjabat Wakil Kajati Sulsel. Dan terakhir Kajati Sulawesi Tengah, Gerry Yasid digantikan Jacob Hendrik Pattipeilohy yang sebelumnya menjabat Wakil Kajati Sumatera Utara. (CP/Sup)

- Advertisement -

Latest news

Kasus Suap Lelang Proyek, Plt Kadis PUPRP Hulu Sungai Utara Dikirim ke Penjara

JAKARTA -- Setelah menggelar operasi tangkap tangan (OTT) di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) pada Rabu (15/9/2021) malam, KPK melangsungkan pemeriksaan terhadap tujuh orang dan...

Tuding Sewenang-Wenang Terhadap Rakyat, ProDEM Siap Lawan Sentul City

JAKARTA -- Lembaga non Government Pro Demokrasi (ProDEM) menduga proses penerbitan izin tanah yang dipegang oleh PT.Sentul City Tbk bermasalah. Bahkan, Sentul City dituding...

Calon Panglima TNI Hanya Jendral Andika dan Laksamana Yudo, DPR Tunggu Surat Presiden

JAKARTA -- Siapa sosok perwira tinggi (Pati) bintang empat yang ditunjuk sebagai pengganti Marsekal Hadi Tjahjanto sebagai Panglima TNI masih menjadi tebak-tebakan alias belum pasti,...

TWK Pegawai KPK Sah Secara Konstitusional, Putusan MK dan MA Diapresiasi

JAKARTA -- Berbagai elemen masyarakat menyambut baik putusan Mahkamah Konstitusi yang menyatakan proses alih status pegawai KPK melalui tes wawasan kebangsaan (TWK) tidak bertentangan...

Spekulasi Penyebab Kebakaran Lapas Tangerang Harus Dihentikan

TANGERANG -- Menyusul musibah kebakaran di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Tangerang-Banten, pada Rabu 8 September 2021, beragam spekulasi dan juga hoax seputar penyebab...
- Advertisement -

Related news

PN Cibinong Dianggap Menyalahi Prosedur, Eksekusi Lahan di Citayam Dibatalkan

BOGOR -- Upaya penguasaan sebidang lahan kosong di kawasan Perumahan Green Citayam City, Desa Ragajaya, Kecamatan Bojong Gede-Kabupaten Bogor, oleh Panitera dan Juru Sita...

Jokowi Ajak Masyarakat Disiplin Terapkan Protokol Kesehatan

DELI SERDANG --Bupati Deli Serdang H.Ashari Tambunan mendampingi Presiden RI Joko Widodo serta rombongan pejabat tinggi pusat maupun daerah dalam kunjungan kerja dan peninjauan...

Maling di Rumah Tetangga Terekam CCTV, Ketahuan Lalu Ditangkap Polisi

MEDAN - Polsek Medan Baru mengamankan seorang laki-laki berinisial KR (56) warga Jalan Cinta Karya Gg. Kelapa No. 5 Kelurahan Sari Rejo, Kecamatan Medan...

Lapas Arga Makmur Bengkulu Gelar Vaksinasi Warga Binaan

ARGA MAKMUR -- Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) II B Arga Makmur, Kabupaten Bengkulu Utara, turut menyukseskan program vaksinasi nasional yang digelar pemerintah untuk meningkatkan herd...
- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here