Sabtu, 25 September 2021

Pandemi Covid, PDAM Tirta Kahuripan Mampu Konstribusi Signifikan Pendapatan Daerah

CIBINONG – Perusahaan Umum Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor sudah memasuki usia ke-40 pada Selasa (22/3/2021) ini. Tentunya banyak capaian dan prestasi yang telah diraih baik dalam aspek teknis, manajemen dan performance. Itu dibuktikan dengan banyaknya penghargaan yang diberikan kepada PDAM Tirta Kahuripan.

Bahkan, di tengah pandemi Covid-19, Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Kabupaten Bogor ini tetap mampu memberikan konstribusi signifikan pada pembangunan dan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Bogor. Hal ini tentu saja mengundang apresiasi khusus dari Bupati Bogor Hj.Ade Yasin.

“Bahkan dalam kondisi pandemi COVID-19, Perumda Tirta Kahuripan mampu mempertahankan kinerjanya,” kata Bupati Hj.Ade Yasin saat menghadiri peringatan Hari Air Minum se-dunia sekaligus Hari Jadi PDAM Tirta Kahuripan di Cibinong, Selasa (23/3/2021).

Berdasarkan laporan audit akuntan publik tahun buku 2020, Perumda Tirta Kahuripan memperoleh kenaikan laba bersih menjadi Rp92,8 miliar dari Rp87,3 miliar pada tahun 2019. Jumlah pelanggan naik dari 152.000 pada 2019, menjadi 157.000 sambungan langganan pada 2020,” papar Bupati Ade.

Pencapaian ini, tambah Bupati Ade, tentunya adalah buah komitmen, kinerja, integritas dan disiplin seluruh jajaran Perumda. “Untuk itu saya turut bangga, semoga capaian ini dapat terus ditingkatkan untuk memperkuat pelayanan dan meningkatkan PAD Kabupaten Bogor,” ujarnya.

Atas capaian tersebut, Bupati Ade Yasin menyampaikan penghargaan dan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada jajaran Dewan Pengawas Perumda Tirta Kahuripan periode 2018 – 2021 atas segala sumbangsih dan dedikasinya.

“Semoga akan tercatat sebagai amal baik,” katanya.

Bupati pun menekan PDAM kedepan harus meningkatkan cakupan layanan dan menambah jumlah sambungan langganan serta menekan tingkat kebocoran air. “Perumda Tirta Kahuripan dituntut harus kreatif dan inovatif dalam mencari sumber-sumber air baru untuk pemenuhan kebutuhan masyarakat Kabupaten Bogor akan air bersih,” pungkas Bupati.

Sebagai informasi, selama 40 tahun mengemban tugasnya Perumda Air Minum Tirta Kahuripan telah melaksanakan tugasnya dengan baik. Terbukti tahun 1999 diraihnya predikat “Baik” berdasarkan Keputusan Menteri Dalam Negeri No 47 Tahun 1999 dan predikat “Sehat” berdasarkan penilaian kinerja dari BPPSPAM (Badan Pendukung Pengembangan Sister Penyedian Air Minum) di tahun 2020.

Saat ini Perumda Air Minum Tirta Kahuripan telah melayani 25 dari 40 Kecamatan di wilayah Kabupaten Bogor dengan cakupan 24,90% dengan jumlah pelanggan sebanyak 182.048 sambungan. Pencapaian ini tidak lepas dari peran serta Bupati, Direksi, Dewan Pengawas, Karyawan, Pelanggan dan elemen lain yang masing-masing memberikan kontribusi sesuai fungsi dan perannya masing-masing.

Baca Juga :  Ketua DPR Redam Spekulasi Soal Panglima TNI, Pilihan Presiden Pasti yang Terbaik

Selain terus berupaya memberikan pelayanan yang maksimal Perumda Air Minum Tirta Kahuripan juga mengharapkan adanya dukungan stake holders dalam hal regulasi mengenai perlindungan dan pemanfaatan sumber air baku, yang akhirnya dapat mendukung meningkatnya kinerja Perumda Air Minum Tirta Kahuripan khususnya dalam penambahan cakupan pelayanan.

Untuk memeriahkan Hari Jadi Ke-40 Perumda Air Minum Tirta Kahuripan mengadakan serangkaian kegiatan, antara lain pemotongan tumpeng di Kantor Pusat dan di Kantor Cabang Pelayanan pada tanggal 02 Maret 2021, pemberian bantuan pendidikan bagi anak karyawan yang masih aktif dan karyawan purnabakti yang dilaksanakan pada 16 Maret 2021.

Dan pada Selasa (23/3) ini, rangkaian peringatan Hari Jadi ditutup dengan peresmian Masjid Maul Hayat di lingkungan Perumda Air Minum Tirta Kahuripan oleh Bupati Ade Yasin dengan penandatanganan prasasti dan pengguntingan pita. Pada kegiatan peresmian ini Bupati juga memberikan penghargaan kepada Dewan Pengawas masa bakti 2018-2021 serta pemberian hadiah umroh kepada 15 orang pegawai.

Selain kegiatan tersebut, Perumda Air Minum Tirta Kahuripan memberikan program khusus kepada pelanggan sebagai bentuk terimakasih dengan mengadakan program bebas bea balik nama dan program diskon sambungan baru 40% selama periode 23 Maret – 23 April 2021.

Baca Juga :  Abaikan Kecaman Internasional, Militer Myanmar Bentuk Pemerintahan Baru

Kegiatan ini berlaku untuk seluruh wilayah Cabang Pelayanan Leuwliang, Comas, Kedung-Halang, Parung-Panjang, Cileungsi, Ciawi, Cibinong, Jonggol khusus untuk program sambungan baru 40% diberikan kepada calon pelanggan yang wilayahnya telah memiliki jaringan perpipaan.

“Di usia ke-40 ini semoga menjadi landasan bagi perusahaan untuk dapat menuju yang lebih baik dalam berbagai aspek serta kehadirannya semakin memberikan nilai lebih bagi warga Kabupaten Bogor serta mendapatkan dukungan dari para pemangku kebijakan dan kepentingan sehingga tujuan untuk menjadi PDAM termaju dan terbaik di Indonesia dapat terealisasi,” imbuh Direktur Utama PDAM Tirta Kahuripan Ir.H. Hasanuddin Taher. (Husni)

- Advertisement -

Latest news

Elite PDIP Ancam Berikan Sanksi, Relawan Ganjar Mengecam

BENGKULU -- Merebaknya kabar di media massa tentang DPP PDI Perjuangan akan memberikan sanksi kepada salah satu kader terbaiknya, Ganjar Pranowo, terkait isu sebagai...

Diduga Terima Suap Rp 250 Juta, KPK Jadikan Bupati Kolaka Timur Tersangka

JAKARTA - Terciduk dalam operasi tangkap tangan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Rabu dini hari (22/9/2021), Bupati Kolaka Timur Andi Merya Nur dan anak...

Ketua DPRD DKI Sebut Gubernur Anies Bertanggungjawab atas Kasus Lahan Munjul

JAKARTA -- Gubernur Anies Baswedan dan Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetio Edi Marsudi, Selasa siang (21/9/2021), memenuhi panggilan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPL) terkait...

Ketua DPR Redam Spekulasi Soal Panglima TNI, Pilihan Presiden Pasti yang Terbaik

JAKARTA -- Beberapa pekan terakhir ini beredar berbagai spekulasi dan analisa politik soal figur atau perwira tinggi bintang empat pengganti Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto...

Dilarang Anggarkan Pengadaan Pakaian, Sekretaris Dewan Nekat Lawan Ketua DPRD Jambi

JAMBI -- Kegaduhan politik terjadi di wilayah Provinsi Jambi. Hal itu menyusul perseteruan antara Sekretaris Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (Sekwan) Provinsi Jambi Emi Nopisah...
- Advertisement -

Related news

Kesabaran Penyidik KPK Habis! Wakil Ketua DPR Dijemput Paksa

JAKARTA — Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Azis Syamsuddin akhirnya benar-benar menjadi tersangka dan Jumat malam langsung dijemput ke rumah pribadinya...

Kasetukpa Polri Berangkatkan 44 Dokter ke ajang PON XX di Papua

SUKABUMI - Bertempat di lapangan Sutadi Ronodipuro-Sukabumi, Kepala Sekolah Pembentukan Perwira (Setukpa) Lemdiklat Polri Brigjen Pol Mardiaz Kusin Dwihananto, memimpin apel keberangkatan Satgas Kesehatan...

Gubernur Al Haris Tegaskan Jambi Siap Laksanakan Pembelajaran Tatap Muka

JAMBI – Gubernur Jambi Dr. H. Al Haris memberikan penegasan khusus bahwa Pemerintah Daerah dan jajaran beserta masyarakat Provinsi Jambi telah siap melaksanakan kegiatan...

Jelang Rakerda dan Harlah, Ketua PPWI Kabupaten Bogor Sambangi Mabes Polri.

JAKARTA – Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI) melakukan audiensi dengan Divisi Humas Mabes Polri, baru-baru ini. Asudiensi diterima oleh Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo...
- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here