Kamis, 17 Juni 2021

Pandemi Covid, PDAM Tirta Kahuripan Mampu Konstribusi Signifikan Pendapatan Daerah

CIBINONG – Perusahaan Umum Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor sudah memasuki usia ke-40 pada Selasa (22/3/2021) ini. Tentunya banyak capaian dan prestasi yang telah diraih baik dalam aspek teknis, manajemen dan performance. Itu dibuktikan dengan banyaknya penghargaan yang diberikan kepada PDAM Tirta Kahuripan.

Bahkan, di tengah pandemi Covid-19, Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Kabupaten Bogor ini tetap mampu memberikan konstribusi signifikan pada pembangunan dan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Bogor. Hal ini tentu saja mengundang apresiasi khusus dari Bupati Bogor Hj.Ade Yasin.

“Bahkan dalam kondisi pandemi COVID-19, Perumda Tirta Kahuripan mampu mempertahankan kinerjanya,” kata Bupati Hj.Ade Yasin saat menghadiri peringatan Hari Air Minum se-dunia sekaligus Hari Jadi PDAM Tirta Kahuripan di Cibinong, Selasa (23/3/2021).

Berdasarkan laporan audit akuntan publik tahun buku 2020, Perumda Tirta Kahuripan memperoleh kenaikan laba bersih menjadi Rp92,8 miliar dari Rp87,3 miliar pada tahun 2019. Jumlah pelanggan naik dari 152.000 pada 2019, menjadi 157.000 sambungan langganan pada 2020,” papar Bupati Ade.

Pencapaian ini, tambah Bupati Ade, tentunya adalah buah komitmen, kinerja, integritas dan disiplin seluruh jajaran Perumda. “Untuk itu saya turut bangga, semoga capaian ini dapat terus ditingkatkan untuk memperkuat pelayanan dan meningkatkan PAD Kabupaten Bogor,” ujarnya.

Atas capaian tersebut, Bupati Ade Yasin menyampaikan penghargaan dan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada jajaran Dewan Pengawas Perumda Tirta Kahuripan periode 2018 – 2021 atas segala sumbangsih dan dedikasinya.

“Semoga akan tercatat sebagai amal baik,” katanya.

Bupati pun menekan PDAM kedepan harus meningkatkan cakupan layanan dan menambah jumlah sambungan langganan serta menekan tingkat kebocoran air. “Perumda Tirta Kahuripan dituntut harus kreatif dan inovatif dalam mencari sumber-sumber air baru untuk pemenuhan kebutuhan masyarakat Kabupaten Bogor akan air bersih,” pungkas Bupati.

Sebagai informasi, selama 40 tahun mengemban tugasnya Perumda Air Minum Tirta Kahuripan telah melaksanakan tugasnya dengan baik. Terbukti tahun 1999 diraihnya predikat “Baik” berdasarkan Keputusan Menteri Dalam Negeri No 47 Tahun 1999 dan predikat “Sehat” berdasarkan penilaian kinerja dari BPPSPAM (Badan Pendukung Pengembangan Sister Penyedian Air Minum) di tahun 2020.

Saat ini Perumda Air Minum Tirta Kahuripan telah melayani 25 dari 40 Kecamatan di wilayah Kabupaten Bogor dengan cakupan 24,90% dengan jumlah pelanggan sebanyak 182.048 sambungan. Pencapaian ini tidak lepas dari peran serta Bupati, Direksi, Dewan Pengawas, Karyawan, Pelanggan dan elemen lain yang masing-masing memberikan kontribusi sesuai fungsi dan perannya masing-masing.

Baca Juga :  Presiden Perintah Kapolri Habisi Mafia Pertanahan, Ketua MPR Dukung Banget 

Selain terus berupaya memberikan pelayanan yang maksimal Perumda Air Minum Tirta Kahuripan juga mengharapkan adanya dukungan stake holders dalam hal regulasi mengenai perlindungan dan pemanfaatan sumber air baku, yang akhirnya dapat mendukung meningkatnya kinerja Perumda Air Minum Tirta Kahuripan khususnya dalam penambahan cakupan pelayanan.

Untuk memeriahkan Hari Jadi Ke-40 Perumda Air Minum Tirta Kahuripan mengadakan serangkaian kegiatan, antara lain pemotongan tumpeng di Kantor Pusat dan di Kantor Cabang Pelayanan pada tanggal 02 Maret 2021, pemberian bantuan pendidikan bagi anak karyawan yang masih aktif dan karyawan purnabakti yang dilaksanakan pada 16 Maret 2021.

Dan pada Selasa (23/3) ini, rangkaian peringatan Hari Jadi ditutup dengan peresmian Masjid Maul Hayat di lingkungan Perumda Air Minum Tirta Kahuripan oleh Bupati Ade Yasin dengan penandatanganan prasasti dan pengguntingan pita. Pada kegiatan peresmian ini Bupati juga memberikan penghargaan kepada Dewan Pengawas masa bakti 2018-2021 serta pemberian hadiah umroh kepada 15 orang pegawai.

Selain kegiatan tersebut, Perumda Air Minum Tirta Kahuripan memberikan program khusus kepada pelanggan sebagai bentuk terimakasih dengan mengadakan program bebas bea balik nama dan program diskon sambungan baru 40% selama periode 23 Maret – 23 April 2021.

Baca Juga :  Bupati Bogor Realisasikan Dana Rp 1 Miliar Satu Desa, Awas Jangan Diselewengkan!

Kegiatan ini berlaku untuk seluruh wilayah Cabang Pelayanan Leuwliang, Comas, Kedung-Halang, Parung-Panjang, Cileungsi, Ciawi, Cibinong, Jonggol khusus untuk program sambungan baru 40% diberikan kepada calon pelanggan yang wilayahnya telah memiliki jaringan perpipaan.

“Di usia ke-40 ini semoga menjadi landasan bagi perusahaan untuk dapat menuju yang lebih baik dalam berbagai aspek serta kehadirannya semakin memberikan nilai lebih bagi warga Kabupaten Bogor serta mendapatkan dukungan dari para pemangku kebijakan dan kepentingan sehingga tujuan untuk menjadi PDAM termaju dan terbaik di Indonesia dapat terealisasi,” imbuh Direktur Utama PDAM Tirta Kahuripan Ir.H. Hasanuddin Taher. (Husni)

- Advertisement -

Latest news

Lebih Senior dan Dekat Dengan Presiden, Andika Perkasa Diyakini Jabat Panglima TNI

JAKARTA -- Beberapa hari terakhir ini, publik di tanah air diriuhkan dengan topik siapa figur Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) pengganti Marsekal Hadi Tjahjanto yanh...

Ada Apa PDIP dengan Ganjar Pranowo? Capres Tertinggi Popularitasnya Malah Diabaikan

JAKARTA -- Popularitas kader PDI Perjuangan yang menjabat Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo, melesat tinggi dari hasil survei berbagai lembaga konsultan dan survei politik...

Kinerja Jaksa Agung Mentereng, 11 Pejabat Kejaksaan yang Nakal Langsung Dicopot

JAKARTA -- Kejaksaan Agung Republik Indonesia (Kejagung RI) selama dua tahun terakhir di bawah kepemimpinan Jaksa Agung Sanitiar Burhanudin kian mentereng. Kinerjanya memberantas korupsi semakin...

Inggris Bersama Belanda dan Austria Petik Kemenangan Tipis di Penyisihan Euro 2020

LONDON -- Laga babak penyisihan grup Euro 2020 tadi malam, Minggu hingga Senin (14/6/2021) dini hari WIB, menyajikan tiga pertandingan. Di stadion Wembley, timnas Inggris...

Diciduk Polisi Narkoba, Anji Tersandung Kasus Kepemilikan Ganja

Kepolisian Resort (Polres) Metro Jakarta Barat memastikan musisi sekaligus penyanyi papan atas, AN, yang ditangkap polisi bawa ganja adalah Anji atau Erdian Aji Prihartanto. Anji...
- Advertisement -

Related news

Serap Aspirasi dan Komunikasi dengan Masyarakat, Bupati Bogor Gelar Boling

CIBINONG -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor menggelar program Rebo Keliling (Boling) secara daring dan luring di Kecamatan Klapanunggal. Bupati Bogor Ade Yasin memastikan bahwa...

Dinkes Kesehatan Kabupaten Bogor Kerahkan 101 Puskesmas untuk Intens Lakukan 3T

CIBINONG - Guna mengantisipasi lonjakan kasus baru Covid-19 serta untuk mengoptimalkan penanganan dan pengendalian pandemi Covid-19, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bogor menginstruksikan 101 Puskesmas...

Bikin Berbagai Gebrakan, DPR RI Puji Kinerja Kapolri Listyo Sigit

JAKARTA -- Ketua Komisi III DPR RI Herman Hery menyampaikan apresiasi terhadap kepemimpinan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo selama beberapa bulan terakhir. Herman menyebut digitalisasi...

Usulkan ke Raja Malaysia Bentuk Dewan Nasional, Mahathir Tak Ambisi Lagi Jadi Perdana Menteri

KUALA LUMPUR -- Mantan Perdana Menteri Malaysia Dr Mahathir Mohamad buka suara menolak klaim yang menyebutnya mencoba kembali ke Putrajaya (kantor Perdana Menteri, Red) dengan...
- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here