Selasa, 16 Agustus 2022

Aksi Demo Pertanyakan Anggaran Media di DPRD Bengkulu Utara Terus Berlanjut

BENGKULU UTARA — Organisasi Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) dan JMSI Bengkulu Utara batal lakukan aksi demo ke gedung DPRD setempat. Pembatalan aksi demo itu akhirnya melahirkan Forum Gerakan Masyarakat Bengkulu Utara (FORGEMABU) yang tetap melakukan aksi demo mempertanyakan anggaran media di Sekretariat DPRD.

FORGEMABU merupakan gabungan pemimpin media, Ormas, LSM, pemuda, aktivis dan masyarakat Kabupaten Bengkulu Utara. “Sangat miris melihat batalnya aksi demo yang sudah direncanakan dan disepakati bersama. Tapi kita tetap aksi demo sebagai wujud komitmen,” Ketua Aliansi LSM Bengkulu Utara, Rozi HR, Senin (20/12/2021).

Dijelaskannya, dia bersama rekan-rekan media, ormas dan pemuda, aktivis serta masyarakat Bengkulu Utara berkomitmen dalam pembentukan FORGEMABU untuk melakukan aksi dalam menyampaikan aspirasi masyarakat luas.

Hal senada disampaikan, Lulus Triyono selaku tokoh pemuda pergerakan Bengkulu Utara. Dirinya merasa miris dan kecewa atas batalnya aksi demo yang sudah dijadwalkan gabungan kelompok masyarakat. Jangan sampai suara rakyat, tegasnya, tercederai oleh oknum-oknum.

“Sangat kita sayangkan dengan batalnya aksi demo, saya pun terpanggil menyatukan persepsi dan pandangan di FORGEMABU yang sudah terbentuk. Kita bersama rekan-rekan yang tergantung di FORGEMABU akan tetap melakukan aksi demo,” kata Lulus.

Sementara itu, Plt Ketua Koordinator Tommy Febrizky (Lidah Perak) mengatakan berbagai persoalan yang ada di Bengkulu Utara harus diclearkan. Jangan ada pembodohan yang dilakukan oleh oknum-oknum yang berlindung di balik pengelolaan anggaran APBD Bengkulu Utara.

Selaku aktivis pemuda Bengkulu Utara, ia meminta pihak-pihak yang terkait harus bertanggung jawab adanya dugaan permainan dan monopoli anggaran di DPRD Bengkulu Utara.

Baca Juga :  Kepedulian Bupati Ade Yasin, Pemkab Bogor Angkat Ribuan Honorer Jadi PPPK

“Aksi demo yang akan kita lakukan dalam waktu dekat ini merupakan ranah untuk menyampaikan berbagai isu maupun persoalan yang ada di Bengkulu Utara kepada wakil rakyat di Gedung DPRD tersebut. Kami sudah menyatukan sikap dan pandangan, aksi tetap berjalan,” tegas Tomy.

Selain itu, perwakilan media online yang tergabung di FORGEMABU, Firdaus Efendi sangat menyayangkan sikap rekan-rekan media yang membatalkan aksi demo. Ia menilai terkait kasus di lembaga legislatif, sudah terlalu banyak kejanggalan yang terjadi.

Persoalan ini harus dibuka lebar ke publik biar semua elemen masyarakat mengetahui. Transparansi anggaran harus diperjelas, dan jangan ditutup-tutupi. Jangan ada lagi pembodohan-pembodohan yang dilakukan.

“Saya menilai mulai dari pemborosan anggaran, dugaan fiktif hingga adanya mafia anggaran, terutama intervensi yang diterima dewan. Terutama, memaksakan dugaan membuat Perda yang terkesan cacat hukum,” jelas Firdaus.

Hal yang sama juga disampaikan, Rinto selaku aktivis yang juga bernaung di salah satu media online menyebutkan, bahwa adanya dugaan monopoli anggaran yang ada di Sekretariat DPRD Bengkulu Utara sarat dipertanyakan.

“Kenapa di akhir APBD-P ada anggaran publikasi di pos yang berbeda, dan tidak dikelola oleh PPTK publikasi. Data yang dimiliki rekan-rekan media kenapa hanya 4 media yang diakomodir dengan besaran anggaran Rp 354 juta,” ujarnya.

Baca Juga :  Pimpin NWDI, Tuan Guru Bajang Bertekad Membangun Indonesia Maju

“Kami di FORGEMABU akan mempertanyakan hal ini, persoalan ini harus diperjelas. Harus dibuka terang-terangan, alasannya pun harus jelas. Jangan ditutup-tutupi sekarang sudah era transparansi,” pungkasnya. (HEN)

Latest news

Anak Mantan Bupati Bogor Soroti Penyebab Terjadinya Kasus Suap BPK

CIBINONG -- Kasus suap pejabat dan auditor Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) perwakilan Jawa Barat yang menyeret Bupati Bogor (non aktif) Ade Yasin dan tiga...

PLN UPHK Medan Bantu Perbaikan Jalur Mangrove Danau Siombak

MEDAN -- PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pemeliharaan Pembangkitan Medan (UPHK Medan) melalui Program TanggungJawab Sosial Lingkungan (TJSL) PLN Peduli menyerahkan bantuan perbaikan Jalur...

Tindaklanjuti Perintah Presiden, Moeldoko Terjun ke Biak Numfor

PAPUA -- Kepala Staf Kepresidenan (KSP) RI Jendral TNI (Purn) Moeldoko melakukan kunjungan kerja ke Biak Numfor - Provinsi Papua, Senin (30/5/2022). Kunjungan ini...

Erick Thohir Mulai Raup Dukungan Maju ke Pilpres 2024

BOJONEGORO -- Komunitas Petani di Bojonegoro -Jawa Tengah menggelar deklarasi dukungan kepada Erick Thohir untuk maju sebagai Calon Presiden (Capres) 2024. Meskipun sampai saat...

Demi Formula E, Sponsor Bir Menjadi Halal

JAKARTA -- Perhelatan balap listrik Formula E di Jakarta ternyata juga disponsori oleh produsen bir (minuman beralkohol). Seketika saja, ribuan netizen menyuarakan sindiran...
- Advertisement -

Related news

Ulama di Jawa Barat Dukung Ganjar Jadi Presiden 2024-2029

CIANJUR -- Mantan anggota DPR RI dua periode yang kini menjabat Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, memang sosok fenomenal dan kharismatik. Tak heran, ketika...

Setelah Irjen Sambo, Satu Brigadir Jendral dan Kombes Dinonaktifkan dari Jabatannya

JAKARTA - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo akhirnya mendengar aspirasi publik dengan menonaktifkan sementara dua anggotanya buntut dari kematian Nopryansah Yosua Hutabarat alias Brigadir...

Sekretaris Kompolnas Dituding Jadi Pembela Irjen Sambo

JAKARTA -- Komentar dan pernyataan Sekretaris Lembaga Kompolnas Benny Mamoto dalam wawancara di beberapa televisi nasional menuai kritik dari masyarakat luas lantaran dianggap lebih...

Merasa Dikriminalisasi, Bendum PBNU Janji Libas Mafia Hukum

JAKARTA - Setelah satu hari namanya terkonfirmasi petugas Imigrasi sebagai orang yang dicekal berdasarkan permintaan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Bendahara Umum (Bendum) Pengurus Besar...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here